menyelesaikan pekerjaan pembangunan proyek ini sesuai dengan waktu yang telah disepakati
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi nasional, mulai melaksanakan pembangunan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah/IPAL di Kota Palembang ditandai dengan dilakukannya prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking.

“Berbekal pengalaman dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan, Perseroan telah dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan IPAL yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan," kata Direktur Operasi PT PP (Persero) M. Toha Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Perseroan bersama kontraktor asal Australia, yaitu McConnell Dowell yang tergabung dalam konsorsium menjadi kontraktor pelaksana dalam pembangunan proyek ini. Sarana IPAL akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 5,8 hektare yang berlokasi di Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni, Palembang.
 
(Kiri ke kanan) Dirjen Cipta Karya PUPR Danis Hidayat, Wagub sumsel Mawardi Yahya dan Wali Kota Palembang Harnojoyo memecet bel Groundbreaking pembangunan IPAL Sei Selayur, Palembang, Rabu (4/11/2020). ANTARA/Aziz Munajar/aa.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh perseroan, antara lain pekerjaan penggalian, pemancangan, pembetonan, penimbunan dan pemadatan. Pembangunan proyek IPAL ini ditargetkan dapat selesai dan beroperasi pada awal tahun 2022 dengan total kapasitas air lebih dari 20.000 debit per hari.

Dikatakan, pembangunan IPAL ini turut dibiayai dari dana hibah Pemerintah Australia sebesar 45 juta dolar AS sedangkan untuk distribusi utama akan dibiayai oleh APBN serta sambungan rumah akan dibiayai oleh Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan.

Proyek tersebut bertujuan untuk mendukung akses air bersih dan sanitasi rumah tangga di Kota Palembang dan bermanfaat bagi lebih dari 100.000 jiwa atau setara 5 persen jumlah penduduk Kota Palembang.

Pembangunan IPAL ini merupakan solusi dalam menangani sanitasi limbah rumah tangga dan secara bertahap dapat memperbaiki kondisi lingkungan di Kota Palembang. Selain dengan air bersih dan sanitasi aman diharapkan pula dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Palembang.

"Perseroan akan menjaga kepercayaan penugasan tersebut dengan terus berkomitmen untuk tetap memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan harapan customer dan menyelesaikan pekerjaan pembangunan proyek ini sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama," kata Toha Fauzi.

Dia memastikan perseroan akan terus mengedepankan keselamatan dan kualitas di dalam setiap pelaksanaan pembangunan proyek.

Baca juga: PT PP tingkatkan kualitas SDM hadapi persaingan bisnis
Baca juga: PP pastikan Tol Semarang-Demak tingkatkan aksesibilitas di Pulau Jawa
Baca juga: PT PP bersinergi dengan perusahaan BUMN bangun KIT Batang

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020