Kita membuat skenario pertumbuhan. Kemudian kita menerima berbagai masukan dari pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan perguruan tinggi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) sedang melakukan penyusunan Rencana Induk Pariwisata Terintegrasi atau Integrated Tourism Master Plan (ITMP) untuk tiga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kepala BPIW Hadi Sucahyono mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun ITMP untuk KSPN Danau Toba, Borobudur, dan Lombok. Penyusunan ITMP tersebut mendapat bantuan dari Bank Dunia.

“Bila bicara ITMP maka melibatkan beberapa instansi yakni Kementerian PUPR, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bappenas, dan BKPM,” ujar Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kementerian PUPR: Rp58,2 miliar bangun hunian pariwisata di Borobudur

Menurut dia, pada tahun depan akan dilanjutkan dengan penyusunan ITMP untuk KSPN Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, dan Wakatobi.

“Kita membuat skenario pertumbuhan. Kemudian kita menerima berbagai masukan dari pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan perguruan tinggi, serta kalangan lainnya melalui Focus Group Discussion (FGD),” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk KSPN Danau Toba sedang dilakukan beberapa pembangunan infrastruktur seperti pelebaran alur sungai di Tano Ponggol Kabupaten Samosir. Hal ini dilakukan agar kapal pesiar dapat melintas di Pulau Samosir. Selain itu juga dibangun jembatan.

Baca juga: Dukung KSPN Danau Toba, Kementerian PUPR tata Kampung Ulos Samosir

Sedangkan untuk KSPN Borobudur, terdapat beberapa dukungan infrastruktur antara lain pembangunan empat pintu gerbang menuju Candi Borobudur. Selain itu dilakukan peningkatan kualitas rumah untuk dijadikan homestay.

Kementerian PUPR juga turut mendukung persiapan perhelatan akbar MotoGP yang akan dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun depan. Dukungannya berupa pembangunan jalan akses dari bandara menuju Mandalika, tempat digelarnya balapan internasional tersebut.

Baca juga: Dukung MotoGP 2021, PUPR gencarkan pembangunan di KSPN Mandalika


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020