Jakarta (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Selatan mengembangkan administrasi digital dengan membuat aplikasi perkantoran elektronik (e-office) dengan nama Sistem Arsip Surat atau SIAS, Kamis.

Ketua Tim PKK Jakarta Selatan, Komariah Marullah mengatakan aplikasi ini dibuat bersama dengan Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Sudin Kominfotik) untuk mendukung kegiatan-kegiatan PKK secara digital.

"Aplikasi ini awalnya hanya untuk kebutuhan surat keluar-masuk dan disposisi," kata Komariah.

Menurut Komariah, aplikasi SIAS tersebut dibuat untuk membantu pihaknya dalam mengatasi urusan administrasi di era digital saat ini yang membutuhkan segala urusan dapat dikerjakan lebih efisien dan mudah.

Baca juga: PKK Jaksel gelar #GebrakMasker untuk disiplinkan masyarakat

Baca juga: PKK Jaksel dirikan warung virtual bagi UMKM


"Kita berharap ke depan semua kegiatan-kegiatan PKK kita lakukan dengan sistem digital," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi SIAS milik PKK Jakarta Selatan baru diterapkan di tingkat Kota Jakarta Selatan, dan terus dikembangkan sehingga dapat diterapkan di tingkat kecamatan hingga kelurahan.

Dengan aplikasi diharapkan terbentuk koordinasi tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan. Karena memulai aplikasi ini dari PKK tingkat kota, akan mendisposisikan surat-surat lewat aplikasi ini ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Jadi tingkat kecamatan dan kelurahan harus dapat mengikuti apa yang kita lakukan, untuk dapat mempermudah koordinasi kita dari kota ke kecamatan, dan ke kelurahan," kata Komariah.

Kepala Sudin Kominfotik Jakarta Selatan, Sugiono menambahkan, SIAS merupakan aplikasi surat menyurat yang dibuat khusus oleh pihaknya untuk PKK dengan mengubah cara manual proses surat menyurat di PKK menjadi elektronik.

"Jadi tujuannya dalam rangka percepatan, efisiensi dan inventarisasi atau arsip dari surat tersebut," katanya.

Saat ini, lanjut dia, aplikasi SIAS ditanam di website Kominfotik Jaksel di jakarta.selatan.go.id.

"Jadi teman-teman kecamatan dan kota bisa mengakses website tersebut baik menggunakan laptop, komputer dan HP. Ke depan kita usahakan masuk ke dalam PlayStore," kata Sugiono.*

Baca juga: PKK Jaksel galang aksi donor darah untuk PMI

Baca juga: PKK Jaksel gelar lomba Tik-tok cegah penyebaran COVID-19

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020