Jakarta (ANTARA) - AS Roma berpesta lima gol tanpa balas ke gawang CFR Cluj pada pertandingan putaran ketiga Grup A Liga Europa yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Kamis waktu setempat (Jumat dini hari WIB).

Hasil itu membawa Roma menggeser CFR dari pucuk klasemen grup, untuk dihuni dengan koleksi tujuh poin. Sedangkan CFR turun ke posisi kedua dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Gol yang diukir Henrikh Mkhitaryan (2') yang tercipta dalam waktu singkat membawa Giallorossi memimpin. Mereka kemudian mengemas dua gol tambahan sebelum turun minum yang dibukukan Roger Ibanez (23') dan Borja Mayoral (34').

Mayoral (83') mengukir gol keempat menjelang akhir babak kedua, dan Pedro Rodriguez (89') mencatatkan gol penutup Roma.

Baca juga: AS Roma ditahan imbang tanpa gol oleh CSKA Sofia di Grup A Liga Europa

Laga belum lama dimulai saat gawang CFR Cluj kemasukan. Leonardo Spinazzola mengirim umpan silang yang dengan leluasa ditanduk Mkhitaryan untuk membuka keunggulan Giallorossi.

CFR balas mengancam melalui sepakan menyilang Damjan Dokovic yang dapat ditepis kiper Pau Lopez. Kiper Roma itu sigap menepis sepakan Mario Rondon.

Namun CFR memiliki masalah dalam penjagaan di situasi bola mati. Mereka kemasukan untuk kedua kalinya saat Ibanez menanduk bola tendangan sudut kiriman Jordan Veretout.

Roma mengemas gol ketiganya melalui kerja sama apik para pemainnya. Diawali umpan silang Mkhitaryan dari sisi kiri yang disundul oleh Bruno Peres, bola kemudian menuju Mayoral yang dengan mudah dilesakkan ke gawang klub Romania. Itu merupakan gol perdana Mayoral sebagai pemain Roma.

Mayoral hampir mengemas gol keduanya setelah turun minum, saat ia meneruskan operan Bruno Peres, namun bola masih dapat disapu Cristian Manea.

CFR sempat mengancam saat mereka mendapat tendangan sudut, bola kemudian disambar Rondon, yang masih dapat ditahan Pau Lopez, dan dapat disapu Marash Kumbulla.

Mayoral melengkapi dwigolnya menjelang laga usai, saat ia menerima umpan silang dan dengan mudah diteruskan dengan sepakan menembus gawang tim tamu.

Pedro masih memiliki waktu untuk mengemas gol kelima Roma. Ia berlari mengejar umpan terobosan kiriman Milanese, untuk kemudian menaklukkan kiper Balgradean yang bergerak maju untuk berusaha menutup ruang gerak.

Baca juga: Roma balikkan ketertinggalan untuk menang 2-1 atas Young Boys

Susunan pemain:

AS Roma (3-4-1-2): Pau Lopez, Federico Fazio, Roger Ibanez (Chris Smalling 61'), Marash Kumbulla, Bruno Peres, Bryan Cristante (Tommaso Milanese 74'), Jordan Veretout (Pedro Rodriguez 46'), Leonardo Spinazzola (Juan Jesus 46'), Gonzalo Villar, Henrikh Mkhitaryan (Lorenzo Pellegrini 46'), Borja Mayoral
Pelatih: Paulo Fonseca

CFR Cluj (4-2-3-1): Cristian Balgradean, Mateo Susic (Iasmin Latovlevici 78'), Cristian Manea, Denis Ciobotariu, Camora, Ovidiu Hoban, Damjan Dokovic, Mario Rondon (Andrei Joca 90'), Catalin Itu (Alexandru Paun 46'), Ciprian Ioan Deac (Michael Pereira 46'), Gabriel Debeljuh (Nicolae Carnat 67')
Pelatih: Dan Petrescu

Baca juga: David Luiz kembali berlatih jelang Arsenal lawan Molde

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020