Menteri Luar Negeri hari ini diinformasikan bahwa seseorang yang baru-baru ini melakukan kontak dekat dengannya dinyatakan positif virus corona
London (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab sedang menjalani isolasi mandiri usai melakukan kontak dengan seseorang yang lantas terbukti positif COVID-19, menurut kantor kementerian pada Kamis (5/11).

"Menteri Luar Negeri hari ini diinformasikan bahwa seseorang yang baru-baru ini melakukan kontak dekat dengannya dinyatakan positif virus corona," kata juru bicara kantor kementerian.

"Sesuai dengan regulasi pemerintah serta aturan Lacak dan Jejak NHS, Menteri Luar Negeri langsung melakukan isolasi mandiri selama waktu diperlukan. Untuk saat ini beliau akan bertugas secara virtual."

Inggris saat ini menerapkan karantina wilayah yang kedua sejak Kamis (5/11) dini hari waktu setempat. Penguncian wilayah ini dilakukan hingga 2 Desember mendatang.

Baca juga: Inggris mungkin terapkan penguncian nasional baru mulai Rabu
Baca juga: Inggris berlakukan lockdown, Liga Premier tetap lanjutkan kompetisi


Keputusan karantina wilayah kedua di negara yang melahirkan Shakespeare itu diambil setelah kasus COVID-19 melonjak. Pakar kesehatan Inggris memperkirakan skenario terburuk bahwa COVID-19 akan menelan korban jiwa hingga 80. 000 bukan mustahil.

Sebelumnya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson termasuk salah satu  dari kalangan pejabat negara yang terinfeksi COVID-19 dan sembuh setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Menurut Johnson, jika penguncian tahap kedua tak dilakukan, dikhawatirkan korban meninggal akibat virus corona baru melonjak.

Sumber: Reuters

Baca juga: Inggris akan luncurkan tes massal baru COVID-19 di Liverpool
Baca juga: PM Inggris: Musim semi 2021 akan lebih baik berkat vaksin

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020