Kita tidak bisa hanya berpura-pura bahwa tujuh hari nol (kasus COVID-19) seperti vaksin melawan virus ini, karena memang bukan
Sydney (ANTARA) - Negara bagian Victoria Australia pada Jumat melaporkan tujuh hari berturut-turut tanpa tambahan kasus COVID-19 yang ditularkan secara lokal.

Hal itu menunjukkan penguncian  ketat selama tiga bulan di kota Melbourne telah berhasil menahan wabah gelombang kedua.

Gubernur negara bagian Victoria Daniel Andrews mengatakan Victoria tetap di jalurnya untuk mengurangi pembatasan perjalanan guna memungkinkan pergerakan antara ibu kota negara bagian Melbourne dan bagian lain Victoria pada Minggu. Namun, dia mendesak warga untuk tetap waspada.

"Kita tidak bisa hanya berpura-pura bahwa tujuh hari nol (kasus COVID-19) seperti vaksin melawan virus ini, karena memang bukan," kata Andrews kepada wartawan.

Penguncian selama tiga bulan diberlakukan di Melbourne untuk menghentikan wabah virus corona baru yang mencapai puncaknya pada lebih dari 700 kasus baru COVID-19 yang dilaporkan dalam satu hari pada awal Agustus.

Negara bagian New South Wales pada Jumat melaporkan empat kasus baru COVID-19 yang ditularkan secara lokal dan lima lainnya melibatkan orang-orang di karantina. Negara bagian dan wilayah Australia lainnya telah secara efektif memberantas penularan virus tersebut.

Para pejabat dalam beberapa hari terakhir melonggarkan beberapa pembatasan yang telah menghentikan warga melintasi perbatasan negara bagian dan wilayah internal.

Andrews mengatakan pelancong dari Selandia Baru akan diizinkan terbang langsung ke Melbourne mulai Senin dan tidak perlu karantina pada saat kedatangan.

Australia telah mengizinkan masuk pelancong yang datang dari Selandia Baru sejak 16 Oktober di bawah tahap pertama "gelembung perjalanan" (travel bubble) dengan negara tetangganya.

Baca juga: Lockdown Melbourne berakhir, kriket dan tenis bisa dihadiri penonton
Baca juga: Pertama kali sejak Juni, Australia nihil kasus COVID-19


Travel bubble adalah ketika dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Gelembung perjalanan itu akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya melakukan perjalanan secara bebas, dan menghindari kewajiban karantina mandiri.

Pelonggaran aturan perbatasan regional mendorong negara bagian Qantas dan Virgin Australia untuk mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan jumlah penerbangan pada akhir bulan ini di rute Sydney-Melbourne, salah satu rute tersibuk di dunia sebelum pandemi COVID-19.

Australia telah mencatat lebih dari 27.600 infeksi virus corona baru dan 907 kematian, jauh lebih sedikit daripada banyak negara maju lainnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Australia akan beli 50 juta dosis vaksin COVID-19 Novavax, Pfizer
Baca juga: Negara bagian Victoria catat tidak ada kasus COVID-19

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020