Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan mengalokasikan iPhone model lama untuk mengisi kekosongan stok iPhone 12 pada musim belanja liburan tahun ini.

Nikkei Asia menuliskan Apple mendapatkan banyak pesanan iPhone model lama menjelang liburan ini, sebagai pengganti versi 5G yang produksinya tertunda karena pandemi virus corona.

Baca juga: Apple kekurangan pasokan "chip" iPhone

Apple meminta pemasok menyiapkan lebih dari 20 juta unit iPhone 11, iPhone SE dan iPhone XR untuk dijual di musim liburan dan awal tahun depan.

Permintaan iPhone 12 Pro lebih tinggi dari yang diperkirakan, namun Apple mengalami kesulitan pasokan beberapa komponen, antara lain chip daya dan komponen LiDar untuk kamera.

Apple dikabarkan mengalihkan komponen yang semula akan digunakan di iPad untuk iPhone 12 Pro.

Sumber Nikkei Asia mengatakan iPhone 11, iPhone SE dan iPhone XR yang dirakit setelah Oktober tidak dijual dengan pengisi daya atau earphone. Sementara iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sudah tidak diproduksi lagi.

Untuk awal tahun depan, Apple dikabarkan akan membuat laptop MacBook yang menggunakan CPU buatan sendiri, demi mengurangi penggunaan chip dari Intel.

Baca juga: Tim Cook Apple dituntut gara-gara penjualan iPhone di China

Baca juga: iPhone 12 Mini paling lambat isi daya jika pakai MagSafe

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020