Tokyo (ANTARA News) - Juara bertahan Pohang Steelers, runner-up 2008 Adelaide United, mantan juara Gamba Osaka serta tim raksasa Arab Saudi Al Hilal Selasa mengamankan tempat mereka pada babak berikut Liga Champions AFC yakni babak sistem gugur.

Steelers dari Korea Selatan berjuang keras namun hanya bermain imbang tanpa gol melawan klub Australia Adelaide untuk meraih masing-masing jumlah 10 poin, sebagaimana dikutip dari AFP.

Hasil tersebut mengakibatkan Sanfrecce Hiroshima dari Jepang dan Shandong Luneng dari China tersingkir di Grup H.

Klub Jepang Gamba mencetak gol penentu kemenangannya pada "injury time" untuk memetik kemenangan 2-1 atas klub Korsel, Suwon Bluewings, yang sudah membukukan tempat mereka di babak 16-besar mendatang, dua pekan lalu. Osaka saat ini mengantungi 11 poin dan Suwon 10 poin di Grup G.

Mereka bergabung dengan klub-klub yang sudah lebih dulu lolos seperti klub Korsel Seongnam Ilhwa dan Jeonbuk Motors, serta juara J-League Kashima Antlers ke babak 16-besar yang akan dimulai 11-12 Mei mendatang.

Baik Osaka maupun Suwon saling menyerang dengan cepat, dengan klub Korsel itu hampir mencetak gol di babak pertama melalui pemain bertahan China Li Weifeng dan striker Brazil Jose Mota.

Kemudian klub Korea itu membuka skor di menit ke-58 ketika Jose Mota menandukkan bola melesak masuk ke gawang Osaka.

Namun dua menit kemudian Osaka berhasil menyamakan kedudukan kedudukan saat pemain tengah Takashi Usami mengirim umpan kepada Takahiro Futagawa untuk mencetak gol, dengan Usami belakangan juga menyarangkan gol kemenangan di pertambahan menit 90 menit.

"Tujuan kami adalah mencapai babak berikutnya hari ini. Para pemain kami bermain dalam suatu pertandingan yang berlangsung keras dan alot. Mereka tidak pernah menyerah sampai akhir, dengan berusaha memperoleh tiga poin dan mereka berhasil mendapatkannya. Saya sangat senang atas hasil ini," ujar pelatih Osaka Akira Nishino.

Pada pertandingan lain sebelumnya, Lee Tadanari mencetak gol untuk mengantar Hiroshima meraih kemenangan 3-2 atas Shandong, ketika serangan Erwan Gunawan memberi Singapore Armed Forces kemenangan pertama mereka saat mereka mengalahkan Henan Jianye dari China 2-1 di Grup G.

Pada Grup D, Al Hilal juga berhasil merebut satu tempat bagi babak sistem gugur itu setelah bermain imbang 0-0 di kandang mereka melawan klub peringkat kedua, Al Sadd dari Qatar.

Al Sadd tetap menjadi klub favorit untuk mengambil tempat kualifikasi kedua saat mereka menjamu Al Ahli dari Uni Emirat Arab dalam pertandingan terakhir grup itu 27 April mendatang.

Al Ahli sebelumnya mencatat kemenangan perdana mereka dalam ajang itu dengan kemenangan 2-1 di kandang atas tim tamu Mes Kerman dari Iran yang menjamin Al Hilal mendapatkan satu tempat di babak berikut itu dan meninggalkan Mes Kerman selisih satu poin dari Al Sadd di tempat ketiga.

Pada Grup C, klub terbawah Al Ain dari UEA melihat harapan mereka untuk mencapai tahap berikutnya lenyap ketika hat-trik oleh pemain tengah Odil Ahmedov memberi klub Uzbekistan Pakhtakor kemenangan 3-2.

Kemenangan tersebut menempatkan Pakhtakor sebagai pemimpin klasemen grup itu setelah pemimpin sebelumnya Al Shabab kalah 0-1 dalam pertandingan tandang melawan klub Iran Sepahan dan dengan demikian kehilangan harapan untuk merebut satu tempat di babak berikutnya itu menjelang tahap akhir pertandingan grup.

Al Shabab beresiko tersingkir karena mereka sekarang berada di posisi ketiga, selisih satu poin dengan Sepahan, yang akan bertandang ke Al Ain pada pertandingan akhir grup.

Al Shabab menjamu Pakhtakor, yang perlu satu poin lagi untuk mencapai babak 16 besar tersebut.(A016/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010