Polisi Jerman buru empat orang terkait tersangka penyerang Wina

Polisi Jerman buru empat orang terkait tersangka penyerang Wina

Polisi berjaga di depan kantor Kementerian Dalam Negeri Austria saat konferensi pers berlangsung pascapenembakan di Wina, Austria, Selasa (3/11/2020). ANTARA/REUTERS/Lisi Niesner/tm/am.

Berlin (ANTARA) - Polisi Jerman pada Jumat mengatakan bahwa mereka sedang melakukan pencarian dan penggeledahan rumah di beberapa kota Jerman terkait empat orang yang diyakini memiliki hubungan dengan tersangka pelaku serangan di Wina.

Serangan yang terjadi pada Senin (2/11) di Wina, Austria, menewaskan empat orang ketika si penyerang melepaskan tembakan ke arah para pelintas dan beberapa bar.

Polisi di Wina menembak mati penyerang berusia 20 tahun itu, yang memiliki kewarganegaraan ganda Austria dan Makedonia Utara. Penyerang tersebut sebelumnya pernah dipenjara karena mencoba bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah. 

Pihak Kepolisian Kejahatan Federal Jerman (BKA) mengatakan di Twitter bahwa mereka sedang menggeledahi beberapa rumah dan tempat bisnis di kota Osnabrueck, Kassel, dan di distrik Pinneberg dekat Hamburg, Jerman.

"Tidak ada kecurigaan awal bahwa empat orang yang terkena dampak tindakan (penggeledahan) hari ini ikut ambil bagian dalam serangan itu tetapi diyakini ada kaitannya dengan tersangka penyerang," kata BKA.

Menurut BKA, surat perintah penggeledahan diperoleh setelah pengadilan Austria menyampaikan informasi kepada kejaksaan Jerman.

Swiss juga telah menangkap dua pria sehubungan dengan serangan di Wina pada Senin, dan Austria berkoordinasi erat dengan beberapa negara lain yang tidak disebutkan namanya dalam penyelidikan kasus serangan Wina, kata Menteri Dalam Negeri Austria Karl Nehammer, Kamis (5/11).

Seluruh 15 orang yang ditangkap di Austria sehubungan dengan serangan amukan mematikan itu adalah bagian dari kelompok radikal, kata pejabat Kementerian Dalam Negeri Austria.

Sumber: Reuters

Baca juga: Tujuh korban serangan Wina dalam kondisi kritis

Baca juga: ISIS klaim tanggung jawab serangan Wina

Baca juga: Palestina kecam serangan teror di Wina


 

Prancis, antara duka Nice dan gempuran protes kalangan ​​Muslim

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar