BPBD: Angin kencang terjang sejumlah wilayah Banyumas

BPBD: Angin kencang terjang sejumlah wilayah Banyumas

Petugas gabungan saat menangani pohon tumbang di Jalan Soeparno, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (6/11/2020). ANTARA/Sumarwoto

lokasi kejadian angin kencang Jumat ini di antaranya Jalan Dr Soeparno, Purwokerto
Purwokerto (ANTARA) - Angin kencang disertai hujan lebat dilaporkan menerjang sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sehingga sejumlah pohon tumbang, kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Endro Purwanto.

"Berdasarkan laporan dari lapangan, lokasi kejadian angin kencang Jumat ini di antaranya Jalan Dr Soeparno, Purwokerto. Di sana ada pohon tumbang di dua titik dan salah satunya menimpa sebuah mobil yang sedang parkir di depan sebuah toko," kata Endro di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat sore.

Baca juga: BPBD Banyumas: Belasan pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang

Kendati demikian, dia mengatakan kejadian tersebut tidak mengakibatkan terjadinya korban jiwa karena mobil yang tertimpa pohon tumbang itu dalam keadaan kosong.

Menurut dia, pohon tumbang juga terjadi di sekitar Perumahan Limas Agung, Purwokerto. Selain itu, angin kencang juga merobohkan baliho berukuran besar di depan SPBU Karangnanas, Jalan Sultan Agung, Sokaraja.

Baca juga: BPBD Banyumas ingatkan warga waspadai angin kencang

Sementara di Desa Karangturi, Kecamatan Sumbang, hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat (6/11), sekitar pukul 14.45-15.15 WIB, menyebabkan sebuah rumah warga mengalamai kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang.

"Itu data sementara dari lokasi kejadian yang telah kami tangani," kata Endro.

Baca juga: Legislator: Mitigasi bencana ditingkatkan sesuai protokol kesehatan

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau warga Kabupaten Banyumas untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang maupun puting beliung yang berpotensi terjadi pada musim hujan.

"Pemerintah Kabupaten Banyumas telah mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan tersebut," katanya. 

Baca juga: Banjir di sejumlah wilayah Banyumas berangsur surut

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pepohonan tumbang robohkan tiang listrik & rusak kios di Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar