Pihak kontraktor pelaksana untuk menjaga kualitas dan mutu pekerjaan pembangunan Rusunawa MBR
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV membangun tiga blok menara Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Provinsi Jawa Timur.

"Ada tiga Rusun yang dibangun di tahun ini yakni Rusunawa MBR Menanggal, Rusunawa MBR Tambak Wedi, serta Rusunawa di Madiun," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Khalawi menerangkan, Rusunawa MBR Menanggal dan Tambak Wedi yang sedang dibangun memiliki ketinggian empat lantai dan tipe hunian kamar 36 dengan total unit kamar 60 berkapasitas 240 orang.

Sedangkan Rusun MBR di Madiun, lanjutnya memiliki ketinggian tiga lantai dengan total 44 unit dan berkapasitas 176 orang.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR meminta pihak kontraktor pelaksana untuk menjaga kualitas dan mutu pekerjaan pembangunan Rusunawa MBR.

Khalawi juga tidak lupa berpesan agar para pekerja selalu menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 harus terus dilakukan.

Rusunawa MBR tersebut direncanakan selesai akhir Desember 2020. Progress saat ini mencapai angka 45 persen pada akhir November 2020, dan diharapkan rusunawa ini selesai tepat waktu pada akhir tahun ini.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2020 terdapat pembangunan tiga blok menara Rusunawa MBR di Jawa Timur dengan total anggaran Rp59 miliar.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV, Suparman mengatakan bahwa pada 2020, Kementerian PUPR melalu Satuan Kerja Non Vertikal Jawa Timur telah melaksanakan pembangunan Rumah Susun sebanyak 10 blok menara dan 2 blok menara melalui Satker Strategis.

Berbagai blok menara tersebut dibangun dengan peruntukan Pondok Pesantren, MBR, Mahasiswa, ASN Polri, ASN Angkatan Laut, ASN Kajati, dan BWA Brantas dalam mendukung hunian yang layak untuk masyarakat dalam program Sejuta Rumah.

Baca juga: Kementerian PUPR dorong serah terima aset Rusunawa ke Pemkot Gorontalo
 Baca juga: Kementerian PUPR bangun empat rusunawa mahasiswa di Jateng

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020