Kemdikbud: Generasi muda berkarakter Pancasila mampu berdaya saing

Kemdikbud: Generasi muda berkarakter Pancasila mampu berdaya saing

Patung berbentuk Garuda Pancasila yang terbuat dari es dipajang saat kegiatan Ice Carving di Denpasar, Bali, Sabtu (12/8/2017) malam. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww/aa.

tidak kehilangan ciri dan identitas khasnya
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hendarman mengatakan generasi muda berkarakter Pancasila mampu berdaya saing di kancah global.

"Dengan identitas budaya Indonesia dan nilai-nilai Pancasila yang berakar dalam, masyarakat Indonesia ke depan akan menjadi masyarakat terbuka yang berkewargaan global - dapat menerima dan memanfaatkan keragaman sumber, pengalaman, serta nilai-nilai dari beragam budaya yang ada di dunia, namun sekaligus tidak kehilangan ciri dan identitas khasnya," kata Hendarman dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Jumat.

Untuk mampu bersaing secara global, Hendarman menuturkan generasi muda harus memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Keenam karakteristik tersebut terwujud melalui penumbuhkembangan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila, yang adalah fondasi bagi segala arahan pembangunan nasional.

Baca juga: Kemendikbud : Nilai karakter Pancasila harus ditanamkan sedini mungkin

Hendarman menuturkan dengan berkarakter nilai-nilai Pancasila tersebut, maka pemuda Indonesia dapat menunjukkan profesionalisme yang dibutuhkan di dunia kerja.

Salah satu nilai Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar itu memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Dia mengatakan ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yaitu akhlak beragama; akhlak pribadi; akhlak kepada manusia; akhlak kepada alam; dan akhlak bernegara.

Oleh karena itu, Kemdikbud terus melakukan penanaman nilai-nilai Pancasila melalui dunia pendidikan anak-anak didik untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berdaya saing global.

Baca juga: Menteri Nadiem: nilai Pelajar Pancasila bisa diciptakan saat BDR
Baca juga: Mendikbud: Pendidikan karakter wujudkan Pelajar Pancasila

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar