Liga Spanyol

Koeman desak Barca tak terpengaruh awal musim yang buruk

Koeman desak Barca tak terpengaruh awal musim yang buruk

Pelatih Barcelona Ronald Koeman. ANTARA/REUTERS/Miguel Vidal/aa.

Tim seperti Barca sepanjang waktu harus berada dekat puncak klasemen
Jakarta (ANTARA) - Barcelona tidak boleh jatuh karena kritik atas awal yang buruk musim ini, kata pelatih Ronald Koeman saat timnya merencanakan kemenangan pertama dalam lima pertandingan La Liga ketika menjamu Real Betis esok Sabtu.

Awal yang buruk itu membuat Barca tercecer di urutan ke-12 klasemen, meskipun menyimpan dua laga lebih banyak. Kemenangan 2-1 atas Dynamo Kyiv dalam Liga Champions lalu hampir tidak memulihkan kepercayaan diri kemenangan itu diperoleh dengan susah payah.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid ambil alih posisi puncak

"Tim seperti Barca sepanjang waktu harus berada dekat puncak klasemen dan jika memang begitu maka selalu ada kritik," kata Koeman dalam jumpa pers seperti dikutip Reuters, Jumat.

"Saya bisa menangani kritik itu tetapi kami tidak boleh terobsesi oleh kritik. Ini musim yang panjang dan kami harus menjalani setiap pertandingan sebagaimana adanya. Kami membutuhkan tiga poin dan sedikit ketenangan tetapi sekalipun kami menang, saya tidak yakin apakah semuanya akan tenang-tenang saja."

Baca juga: Menang jadi jawaban Barcelona untuk krisis manajemen

Barca mendapatkan suntikan semangat dari kembali masuknya kiper Marc-Andre ter Stegen yang akan menjalani pertandingan liga pertamanya setelah penampilan inspiratifnya saat melawan Dynamo yang adalah laga pertamanya sejak pulih dari operasi lutut.

Tetapi Koeman mengatakan timnya juga memperbaiki pertahanan mereka yang rapuh setelah diberondong tujuh peluang gol Dynamo.

Baca juga: Barcelona jaga tren sempurna di Liga Champions, bekuk Dynamo Kiev 2-1

"Masalah utama ada di lini tengah di mana kami tidak memiliki banyak kendali sehingga menjadi lebih sulit dalam mengendalikan permainan dan pertahanan kami mempunyai banyak masalah," kata dia.

"Kami mesti bermain bagus (melawan Betis) dan meningkatkan pertahanan dibandingkan dengan yang kami lakukan saat melawan Dynamo. Kami perlu lebih berkonsentrasi dan lebih terorganisir."

Baca juga: Dani Alves anggap Messi sama besarnya dengan Barcelona
Baca juga: Messi tidak akan diperlakuan khusus dalam kebijakan potong gaji Barca
Baca juga: Ronald Koeman minta Ansu Fati jaga fokus

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar