Irene Menang di Babak Pertama JAPFA

Irene Menang di Babak Pertama JAPFA

Pecatur Indonesia GMW Irene Kharisma memindahkan bidak catur saat pertandingan babak pertama dwitarung internasional putri JAPFA Chess Festival 2010 melawan pecatur India GMW Tania Sachdev di Gedung Pyramid KONI Senayan, Jakarta, Rabu (14/4). (ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Pecatur putri Indonesia GMW Irene Kharisma Sukandar (elo rating 2316) membungkam lawannya pecatur dari India Tania Sachdev (2393) pada babak pertama ajang Dwitarung putri dalam Japfa Chess Festival 2010 yang berlangsung di Jakarta, Rabu.

Namun kesuksesan pecatur putri Indonesia itu tidak diikuti oleh pecatur putra Indonesia GM Susanto Megaranto (2527) yang harus tunduk kepada pecatur Georgia GM Mikheil Mchedlishvili (2634) pada ajang Dwitarung putra.

Irene yang bermain dengan buah putih pembukaan Hindia Menteri mampu menghentikan lawannya yang memiliki elo rating lebih tinggi darinya pada langkah ke-49.

"Saya cukup lega bisa meraih satu poin melalui pertandingan babak pertama ini, padahal sebelumnya saya sempat perkirakan permainan akan sangat ketat," kata pecatur terbaik putri Indonesia yang belum lama ini genap berusia 18 tahun.

"Besok (babak kedua) saya akan kembali bermain hati-hati agar tidak kecolongan dan berusaha keras untuk kembali memenangi pertandingan," tambahnya.

Sementara itu Susanto Megaranto yang bermain dengan buah hitam pertahanan Bentoni terus terdesak dan menyerah pada langkah ke-39 saat melawan Mikheil.

Ajang Dwitarung antara pecatur top Indonesia melawan pecatur papan atas Asia dan Eropa itu akan berlangsung enam babak.

Sementara itu pada Japfa Chess Festival itu sendiri sebanyak 750 pecatur lokal saling adu otak dalam pertandingan kelompok umur.

Selain menggelar dwitarung intenasional tersebut ajang ini juga mempertandingkan 10 nomor pertandingan lebih banyak dua nomor dibandingkan dengan festival tahun 2009.

Pada Japfa Chess Festival kelima ini nomor pertandingan baru yang akan dimainkan yaitu Kelompok Umur (KU) 10 putra dan putri sedangkan nomor lain diantaranya terbuka putra dan putri, veteran dan antarperusahaan.

(T.A020/I015/R009)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar