Magelang (ANTARA) - Kirab wayang kulit yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja mewarnai Hari Wayang Internasional di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Kirab yang diberi nama "laku wayang" tersebut diikuti sekitar 50 anak dan remaja, masing-masing membawa tokoh wayang kulit, mereka berangkat dari halaman Balai Konservasi Borobudur menuju halaman Candi Borobudur.

Sesampai di pelataran Candi Borobudur, peserta laku wayang yang dipimpin Ketua Sanggar Kinara Kinari Eko Sunyoto tersebut berjalan satu putaran mengelilingi candi dan berhenti di halaman sisi barat candi.

Pada kesempatan tersebut, mereka juga mendoakan almarhum dalang asal Yogyakarta Ki Seno Nugroho yang telah meninggal beberapa hari lalu.

Baca juga: Yogyakarta kehilangan ikon seni wayang kulit Ki Seno Nugroho

Eko Sunyoto mengatakan laku wayang merupakan rangkaian dalam kegiatan "World Wayang Way Borobudur" yang digelar pada 6-7 November 2020.

Ia menyebutkan dalam World Wayang Way Borobudur digelar sejumlah kegiatan, yakni pergelaran wayang, workshop wayang, layaran film wayang, pituturan dongeng wayang, laku wayang, dan pameran wayang.

Eko menyampaikan World Wayang Way Borobudur yang ketiga ini dengan tema "Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso tut wuri handayani".

"Melalui kegiatan ini kami ingin menghayati, dengan adanya pandemi ini kita berkarya yang jelas dan kita ingin mengembalikan nilai-nilai leluhur dulu bahwa Nusantara ini sebenarnya kaya akan khasanah dan keanekaragaman serta kebhinnekaan," katanya.

Baca juga: Festival Lima Gunung 2020 pamerkan wayang karya maestro Rastika

Ia mengatakan bersandar dari hal tersebut maka World Wayang Way Borobudur tahun ini tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

"Jadi kegiatan tetap berlangsung, tetapi diselenggarakan dengan melibatkan orang dalam jumlah terbatas. Seharusnya yang ikut arak-arakan di laku wayang ini seharusnya 324 orang, tetapi hanya dibatasi oleh 50 orang," katanya.

Kemudian pada tahun-tahun sebelumnya laku wayang dilakukan dari Pondok Tingal menuju Candi Borobudur, tetapi kali ini diperpendek dari halaman Balai Konservasi menuju Candi Borobudur agar tidak mengundang penonton guna menghindari kerumunan.

Ia berharap melalui World Wayang Way Borobudur ini generasi milenial ada pengalaman, mereka tidak hanya mengenal wayang saja, tetapi bagaimana membuat wayang, mewarnai wayang, dan bisa merasakan memegang wayang yang sesungguhnya.

"Jadi ini pengalamannya lengkap, kami melakukan pengenalan pada anak-anak, harapannya nanti World Wayang Way Borobudur bisa menjadi pilot projek sebuah pengenalan wayang kepada generasi milenial," katanya. *

Baca juga: Ratusan masyarakat global saksikan pagelaran wayang kulit virtual
Baca juga: Presiden tetapkan 7 November Hari Wayang Nasional
Baca juga: Jateng tanggap wayang di puluhan daerah meriahkan Hari Wayang Nasional

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020