Banjarmasin (ANTARA News) - Banjir besar di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan sejak Rabu (14/4) pagi kemarin, sampai sekarang masih merendam rumah 600 keluarga di empat kecamatan.

Menurut Wakil Bupati Balangan Ansyarudin yang berada di lokasi kejadian Kamis, banjir itu merupakan banjir terbesar dalam dua tahun terakhir.

Di Kecamatan Juai banjir telah menggenangi Desa Gelombang, Teluk Bayur, Mungkur Uyam, Juai, Wonorejo dan Buntu Karau.

Di Kecamatan Halong, banjir menggenangi Desa Penyambaran, Bangkal Baruh dan Binjau, sedangkan di Kecamatan Paringin Selatan menggenangi Desa Baruh Bahino Dalam dan Murung.

Sementara di Kecamatan Tebing Tinggi banjir merendam wilayah Desa Abuin dan Mayano.

Berbeda dengan Kecamatan Halong, Paringin Selatan, dan Tebing Tinggi yang mulai surut, banjir di kawasan Juai justru meninggi karena kawasan itu berada dalam dataran yang lebih rendah.

Air setinggi dada orang dewasa masih menggenangi sebagian jalan kabupaten dan jalan provinsi di Kecamatan Jaui sepanjang empat kilometer, selain menggenangi rumah-rumah warga.

Rumah warga yang tergenang hingga 1 hingga 1,5 meter, penghuninya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir juga merendam sekitar 30 hektare lahan pertanian dan perkebunan warga di kecamatan tersebut, sehingga kini masyarakat tidak bisa lagi menyadap karet.

(T.U004/E001/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010