Jakarta (ANTARA) - Sparta Rotterdam untuk pertama kalinya meraih kemenangan saat bertandang ke markas RKC Waalwijk 2-0 dalam laga pekan kedelapan Liga Belanda  di Stadion Mandemakers, Sabtu waktu setempat.

Dalam tujuh laga terakhir, Sparta hanya mengemas tiga poin dari tiga hasil imbang dan empat kalah. Mereka kini perlahan menjauhi zona degradasi untuk berada di posisi 13 dengan enam poin.

Adapun Waalwijk yang juga baru menang sekali di delapan laga menempati posisi 15 dengan mengoleksi lima poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Meski penguasaan bola didominasi Waalwijk, Sparta Rotterdam menciptakan peluang lebih banyak dengan 20 percobaan gol yang tujuh di antaranya menemui target.

Tim tamu harus berjuang hingga menit ke-59 untuk mencetak gol pertamanya. Berawal dari umpan silang Sven Mijnans, bola disundul Lennart Thy yang tak terkawal.


Baca juga: Dua gol Danilo antar Twente permalukan Den Haag 4-2

Sementara gol kedua tercipta pada menit tambahan waktu babak kedua. Manuver Abdou Harraoui di sisi kiri diselesaikan dengan sepakan mendatar yang melewati celah tangan kiper sehingga Sparta Rotterdam pun  menang 2-0.

Laga lainnya VVV Venlo berbalik menang 3-2 melawan tim tamu Heracles Almelo.

Heracles unggul lebih dulu pada menit ke-38 berkat aksi Silvester van der Water. Akan tetapi menjelang paruh pertama berakhir, mereka kehilangan Adrián Szőke karena mendapat kartu merah langsung.

Unggul jumlah pemain itu dimaksimalkan VVV untuk membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat Jafar Arias dan Vito Van Crooij. Tapi Heracles kembali memaksa kedudukan imbang melalui titik putih pada menit 78.

Saat laga dirasa akan berakhir 2-2 Giorgos Giakoumakis menjadi pahlawan bagi VVV Venlo untuk mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2. Hasil ini bagi VVV sejenak melupakan ingatan buruk dibantai Ajax 13-0 dua pekan lalu.

VVV kini berada pada posisi 11 dengan delapan poin di bawah Heracles namun sama-sama mengemas delapan poin tapi berbeda selisih gol.

Baca juga: AZ Alkmaar akhiri rentetan hasil imbang usai lumat Waalwijk

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020