Dengan adanya pembangunan pelabuhan ini, maka masyarakat di pulau-pulau kecil ini tidak lagi kesulitan memasarkan komoditas unggulan mereka
Bangka Selatan (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan meninjau pembangunan pelabuhan kapal roro di Pulau Lepar Kabupaten Bangka Selatan, guna mempercepat pengerjaan pelabuhan antarpulau kecil di daerah itu.

"Kita menargetkan pelabuhan tempat sandar kapal berukuran besar ini beroperasi akhir 2021," kata Erzaldi Rosman Djohan di Lepar Pongok, Minggu.

Ia mengatakan pembangunan pelabuhan kapal roro rute Pulau Lepar - Tanjung Labu - Celagen - Pongok - Selat Nasik - Tanjung Pandan Belitung, sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau kecil.

Baca juga: Babel siapkan skema pemulihan ekonomi, mulai dari genjot pariwisata

"Dengan adanya pembangunan pelabuhan ini, maka masyarakat di pulau-pulau kecil ini tidak lagi kesulitan memasarkan komoditas unggulan mereka," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pembangunan pelabuhan yang sama juga dilakukan di Pulau Pongok dan pulau lainnya di Belitung, sehingga akses transportasi laut ini berjalan dengan baik.

Baca juga: Gubernur: Mentan janji akan bikin Babel surplus pangan

Selain itu juga akan dibangun beberapa dermaga, stasiun pengisian bahan bakar nelayan di Celagen, serta pembangunan cool storage untuk meningkatkan harga jual hasil perikanan dan kelautan para warga.

"Kami berharap ke depannya masyarakat Lepar Pongok dan pulau-pulau kecil lainnya akan lebih mudah mendistribusikan komoditas unggulan daerah ini," katanya.

Baca juga: Bangka Belitung bakal kembangkan pelabuhan kapal di pulau kecil

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020