Jakarta (ANTARA) - Keuntungan dari perusahaan game asal Jepang, Nintendo, meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam beberapa bulan terakhir karena konsol Switch-nya mendapat lonjakan permintaan dan penjualan.

Dilansir NY Post, Minggu, lonjakan permintaan ini dipicu oleh pandemi COVID-19, yang mengharuskan masyarakat untuk beraktivitas di rumah dan menghabiskan waktu dengan bermain video game.

Raksasa Jepang di belakang franchise ikonik "Super Mario" meraup keuntungan sebesar 291,4 miliar yen (2,8 miliar dolar AS) dari April hingga September, naik 209 persen dari periode yang sama tahun lalu, menurut laporan pendapatan.

Switch terjual sangat cepat sehingga Nintendo memperingatkan bahwa konsol tersebut mungkin sulit ditemukan, meskipun pengiriman meningkat menjelang musim belanja liburan.

"Permintaan tetap tinggi dan terus ada kekurangan di beberapa wilayah, jadi kami berupaya untuk mengirimkan produk kepada konsumen secepat mungkin," kata perusahaan dalam presentasi pendapatan.

Nintendo mengatakan penjualan konsol Switch dan Switch Lite-nya naik hampir 81 persen menjadi 12,5 juta unit dalam periode enam bulan. Itu termasuk hampir 6,9 juta dari Juli hingga September saja, naik dari 4,8 juta pada bulan-bulan yang sama tahun lalu.

Nintendo juga menaikkan perkiraan penjualan Switch-nya, menunjukkan bahwa mereka tidak akan melihat pelambatan dalam waktu dekat.

Perusahaan yang berbasis di Kyoto itu sekarang mengharapkan untuk memindahkan 24 juta unit Switch di tahun fiskal yang berakhir pada Maret, naik dari proyeksi sebelumnya sebesar 19 juta.

Prospek cerah datang menjelang musim liburan yang akan melihat Switch berhadapan langsung dengan PlayStation 5 Sony dan Microsoft Xbox Series X, yang secara resmi akan diluncurkan minggu depan.

Nintendo juga menjual sekitar 100 juta unit perangkat lunak dari April hingga September, naik 71 persen dari sekitar 58 juta tahun lalu. Judul utamanya adalah "Animal Crossing: New Horizons" yang sangat populer, yang bergerak lebih dari 14 juta unit dalam enam bulan itu.



Baca juga: Game "Hyrule Warriors: Age of Calamity" hadir di Nintendo Switch 2020

Baca juga: Nintendo akan luncurkan Switch dengan spesifikasi tinggi pada 2021

Baca juga: Nintendo umumkan lebih banyak game SNES dan NES untuk Switch

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020