Jakarta (ANTARA/JAX) - Sebuah informasi di media sosial beredar yang berisi Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan transportasi dunia (Sustainable Transport Award/STA) menyusul kebijakan pesepeda boleh melewati jalan tol.

Salah satu akun Facebook mengunggah foto jalan tol layang yang tampak penuh kendaraaan. Di foto itu, tampak pula foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda di tol.

Akun itu mencatutkan judul dalam unggahannya sebagai berikut: "DKI dapet penghargaan transportasi sedunia, sepeda masuk tol".

Namun, benarkah Jakarta mendapatkan penghargaan transportasi publik dunia karena memperbolehkan sepeda masuk tol?
 
Tangkapan layar hoaks soal Jakarta mendapatkan penghargaan transportasi dunia karena memperbolehkan sepeda masuk tol. (Kominfo)


Penjelasan:

Narasi yang menyebutkan Jakarta menerima penghargaan transportasi dunia karena memperbolehkan sepeda masuk tol adalah informasi salah atau hoaks.

Menurut pemberitaan ANTARA, Jakarta meraih penghargaan tersebut karena berhasil mengintegrasikan semua moda transportasi baik secara fisik maupun pembayaran. 

Selain itu, penataan sarana transportasi publik milik DKI Jakarta seperti Transjakarta ataupun Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang terintegrasi dengan kereta Commuter Line milik PT KAI juga menjadi tonggak baru sistem transportasi publik di Jabodetabek. 

DKI mendapatkan penghargaan transportasi juga karena membenahi akses bagi pejalan kaki menunju transportasi publik yang tersedia. 

Dalam penghargaan itu, Jakarta mengungguli kota-kota lain di dunia seperti Adis Ababa, Bogota, Auckland, Braga, Buenos Aires, Frankfurt, Sao Paulo dan lainnya. 

Klaim:  Jakarta raih penghargaan transportasi dunia karena sepeda masuk tol
Rating: Hoaks

Baca juga: Manajemen TJ: Penghargaan layanan transportasi banggakan Indonesia

Baca juga: STA 2021 dan transportasi berkelanjutan di Jakarta

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020