Dermaga satu Baubau-Sultra disiapkan untuk tabur bunga Hari Pahlawan

Dermaga satu Baubau-Sultra disiapkan untuk tabur bunga Hari Pahlawan

Kepala Kantor UPP Kelas I Baubau, Sultra R Pradigdo. (FOTO ANTARA/Yusran)

Jadi persiapan upacara tabur bunga nanti itu kita tempatkan di dermaga satu. Mudah-mudahan kapal Pelni sandar sesuai dengan jadwal, karena tanggal 10 November nanti terdapat jadwal kapal pukul 01.00 WITA tiba dan jam 03.00 WITA berangkat
Baubau, Sultra (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Baubau, Sulawesi Tenggara, menyiapkan dermaga satu sebagai tempat kegiatan tabur bunga di laut pada peringatam Hari Pahlawan 10 November 2020.

"Jadi persiapan upacara tabur bunga nanti itu kita tempatkan di dermaga satu. Mudah-mudahan kapal Pelni sandar sesuai dengan jadwal, karena tanggal 10 November nanti terdapat jadwal kapal pukul 01.00 WITA tiba dan jam 03.00 WITA berangkat," kata Kepala Kantor UPP Kelas I Baubau, R Pradigdo, di Baubau, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya akan mempersiapkan lokasi di dermaga itu dari pagi hari pukul 05.00 WITA dengan memastikan kondisi steril dan tidak ada kegiatan di dermaga pada saat kegiatan berlangsung.

"Kalau memang nanti kapal Pelni terlambat, maka akan kita pindahkan ke dermaga dua, antisipasinya seperti itu" katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan upacara tabur bunga di pelabuhan dijadwalkan pukul 09.30 WITA setelah kegiatan ziarah ke makam pahlawan pada pukul 08.15 WITA.

"Khusus untuk tabur bunga ada pelaksanaan persiapan. Jadi pada Senin (9/11) esok kita gladi upacara supaya pelaksanaannya lebih bagus. Itu kita sudah bahas dalam rapat juga," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Pradigdo, kegiatan tabur bunga Hari Pahlawan 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga jumlah peserta apel pun dibatasi.

"Jadi maksimal 40 orang terdiri atas unsur  TNI AD 10 orang, TNI AL 10 orang, Polri 10 orang, ditambah anggota kantor UPP 10 orang," katanya.

Terkait peserta tamu lainnya, kata dia, selain perwakilan dari institusi di pelabuhan itu, juga pihak Pemkot Baubau sebagai panitia pusat yang akan mengundang.

Upacara tabur bunga nanti akan dipimpin oleh Ketua DPRD Baubau Zahari sebagai inspektur upacara. Sementara kegiatan ziarah ke makam pahlawan dipimpin oleh Wali Kota Baubau AS Tamrin, demikian R Pradigdo.

Baca juga: Tiba di Pelabuhan Murhum Baubau pengungsi Sultra korban konflik Wamena

Baca juga: Pelabuhan Baubau urutan ke-7 terpadat di Indonesia selama Lebaran 2019

Baca juga: ASDP kembali operasikan feri lintas Buton-Wakatobi pascabebas COVID-19

Baca juga: Belum melonjak, Pelni turunkan ribuan penumpang di pelabuhan Baubau

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Rumah pengasingan para pahlawan di Pulau Bangka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar