Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat akan menggelar pameran 1.000 bonsai untuk menyemarakkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVIII tahun 2020 yang dimulai pada 12 November.

"Saat pelaksanaan MTQ nanti di lokasi akan ada pameran berbagai jenis pohon bonsai, jumlahnya diperkirakan lebih dari seribu," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian, di Padang, Ahad.

Ia mengatakan sampai saat ini pihaknya masih memroses pendaftaran bagi masyarakat atau komunitas yang ingin berpartisipasi dalam pameran.

"Peserta boleh mendaftarkan diri secara pribadi maupun secara komunitas," katanya.

Baca juga: Polda Sumbar siapkan ratusan personel sukseskan MTQ Nasional

Baca juga: Di ajang MTQ Nasional XXVIII, 12 santri Insan Qurani wakili Aceh


Ia menjelaskan bonsai tersebut nantinya akan dipamerkan di lokasi pelaksanaan MTQ Nasional agar bisa disaksikan oleh peserta, official, atau pun masyarakat pengunjung.

Sebagai upaya memeriahkan serta menyemarakkan pelaksanaan MTQ Nasional yang akan berlangsung hingga 21 November.

Menurutnya, selain berpameran, pada kesempatan pemilik bonsai juga berkesempatan melakukan transaksi jika ada kolektor yang ingin membeli pohonnya.

"Itu (transaksi) dilakukan antara pemilik bonsai dengan calon pembeli," katanya.

Arfian mengatakan Pemkot Padang akan berupaya maksimal untuk menyukseskan kegiatan MTQ Nasional dan menjadikannya sebagai momen untuk mendongkrak pariwisata daerah.

Pihaknya juga telah menyusun sejumlah program salah satunya adalah kegiatan tur kota "City Tour" untuk mengelilingi destinasi wisata andalan Kota Padang.

Namun demikian, ia menegaskan protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Pandemi COVID-19 masih terjadi, karena itu protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat dan tegas," katanya.*

Baca juga: Sumbar siapkan randang senilai Rp1,5 miliar buah tangan peserta MTQ

Baca juga: Komunitas seni dan film semarakkan pra-MTQ Nasional XXVIII di Sumbar

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020