Palembang (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Sumatera Selatan (PSSI Sumsel) membuka pendaftaran seleksi tim sepak bola wanita di Sekretariat PSSI Sumsel, Palembang, akhir April 2010.

Ketua PSSI Sumsel, MC Baryadi, mengatakan di Palembang, Jumat, pembentukan tim sepak bola wanita adalah program PSSI pusat yang juga harus dijalankan di tingkat daerah.

"Sepak bola wanita akan digerakkan di seluruh Indonesia oleh PSSI pusat. Sumsel harus ikut ambil bagian. Jangan sampai hanya di daerah timur Indonesia saja sepak bola wanita berkembang," kata Baryadi.

Menurut dia, Sumsel memiliki potensi untuk aktif dalam kompetisi sepak bola wanita nantinya.

"Di Papua yang menggemari olah raga sepak bola wanita justru kaum ibu. Sumsel sebagai daerah yang memiliki atlet-atlet perempuan usia muda yang saat ini bersekolah di Sekolah Olah Raga Negeri Sriwijaya tentunya akan lebih mudah dibina," ujar dia lagi.

Dia tidak membantah, kurangnya "geliat" sepak bola wanita dibandingkan sepak bola yang digeluti kaum pria, disebabkan kompetisi sepak bola wanita terlalu minim.

"Mudah saja kalau ingin mengembangkan sepak bola wanita. PSSI pusat harus banyak menyediakan kompetisi sepak bola wanita. Tentunya tiap daerah akan ikut serta, dan akan berujung pada pembinaan terhadap pesepakbola wanita," ujar pengusaha asal Sleman itu.

Dia pun mengharapkan peran serta media massa di Sumsel, untuk menarik perhatian kaum wanita yang suka berolahraga agar mau mengeluti olah raga tersebut.

"PSSI Sumsel membuka pintu lebar-lebar bagi kaum wanita yang ingin mendaftarkan diri. Kami memiliki target, setidaknya akhir tahun ini bisa memiliki sebuah tim sepak bola wanita," kata mantan Manajer Sriwijaya FC ini.
(L.U005*B014/F005/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010