Puan sebut kesuksesan Pilkada 2020 jadi agenda strategis DPR

Puan sebut kesuksesan Pilkada 2020 jadi agenda strategis DPR

Ilustrasi Pilkada 2020. (ANTARA/Naufal Ammar)

DPR juga akan memberikan perhatian pada tahapan persiapan dan pelaksanaan Pilkada 2020
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani mengatakan kesuksesan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 menjadi salah satu agenda strategis DPR RI dalam kaitan pelaksanaan fungsi pengawasan.

"DPR juga akan memberikan perhatian pada tahapan persiapan dan pelaksanaan Pilkada 2020," ujar Puan saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-8 Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020–2021, Senin.

Untuk itu, kata Puan, DPR akan mendorong Pemerintah dan seluruh jajaran stakeholders atau pemangku kepantingan terkait untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan sebaik-baiknya, sehingga semakin meningkatkan kualitas berdemokrasi di Indonesia.

Baca juga: MPR: Masyarakat tetap waspada ketika Pilkada saat pandemi COVID-19

Baca juga: Puan: Pilkada penting dilaksanakan perkuat tangani COVID-19


Adapun strategi yang akan dilakukan DPR RI pada masa sidang II tahun sidang 2020-2021 terkait Pilkada 9 Desember 2020 nanti, yaitu:

1. Meminta pemerintah dalam setiap tahapan Pilkada dapat menyesuaikan dengan mekanisme pemilihan dan protokol kesehatan COVID-19

2. Mengimbau kepada penyelenggara Pilkada, para kepala daerah dan para calon kepala daerah, pengawas Pilkada, serta aparat keamanan negara agar turut berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 dan selalu memberikan perhatian pada protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Selain pengawasan Pilkada 2020, Puan mengatakan fungsi pengawasan DPR, melalui Alat Kelengkapan Dewan, juga akan diarahkan pada berbagai isu, permasalahan, dan pelaksanaan Undang-Undang di berbagai bidang yang menjadi tugas dari setiap AKD.

Kemudian, kata Puan, dana Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat akan berakhir pada tahun 2021.

Untuk itu, ia pun meminta kepada anggota DPR bahwa perlu menemukan formula kebijakan baru bersama pemerintah dalam memperkuat pembangunan di Papua dan Papua Barat.

Baca juga: DPR tekankan penegakan disiplin protokol kesehatan dalam pilkada

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden lantik Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar