Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tidak menambah fasilitas tambahan terkait kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia.

"Tak ada tambahan fasilitas di lokasi penjemputan Terminal 3. Semuanya sama seperti biasa dari mulai pemeriksaan kesehatan dan imigrasi," kata Plt Manajer Senior Komunikasi Cabang dan Hukum Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, yang dihubungi di Tangerang, Senin.

Shihab rencananya mendarat di bandara itu pada 10 November 2020, setelah dia ada di Arab Saudi selama 3,5 tahun.

Baca juga: Masyarakat diimbau tidak berkerumun saat jemput Rizieq Shihab

Menurut Anwar, mereka terus berkoordinasi dengan petugas keamanan terkait kepulangan dia itu agar tidak mengganggu pelayanan publik di Terminal 3 Kedatangan Internasional yang menjadi lokasi penjemputan.

"Pengamanan sepenuhnya oleh polisi dan TNI. Kami hanya memastikan nanti setelah tiba dan selesai melewati proses administrasi maka akan langsung naik kendaraan dan meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta," katanya.

Sebagai obyek vital nasional, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dijaga TNI sesuai UU Nomor 34/2004 tentang TNI, dan secara kewilayahan bandara itu masuk ke dalam wilayah Kodim 0503/Jakarta Barat yang tergabung ke dalam Kodam Jaya.

Baca juga: Hoaks, Raja Salman berikan pesawat bergambar Rizieq Shihab

Secara hukum, bandara terbesar di Indonesia itu memiliki satuan kewilayahan polisi setingkat polres tersendiri, yaitu Polres Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan organ Polda Metro Jaya. 

Anwar mengimbau penjemputan dilakukan secara wajar guna tidak mengganggu operasionalisasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Sebab bandara adalah salah satu objek vital dan banyak kepentingan untuk pelayanan publik. Intinya jangan sampai mengganggu penumpang lain dan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Warga Jabar diminta tertib saat jemput Habib Rizieq Syihab

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020