Delapan kisah pahlawan nasional yang diangkat ke film

Delapan kisah pahlawan nasional yang diangkat ke film

Film "Soekarno". ANTARA/MVP Films.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional dengan berbagai kisah yang menginspirasi, tak heran jika kehidupan mereka diadaptasi ke dalam sebuah film.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang berlangsung hari ini, berikut ini adalah beberapa film yang akan mengisahkan tentang perjuangan serta kehidupan para pahlawan nasional Indonesia.

Baca juga: Hari ini akan digelar peringatan Hari Pahlawan hingga nobar dan diskusi film

Baca juga: Putri Khairunnisa si "Pahlawan Senyum" penemu "Edible Film"


1. "Sang Pencerah" (2010)
Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini merupakan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. "Sang Pencerah" mengungkapkan sosok pahlawan nasional dari sisi yang tidak banyak diketahui publik.

Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, Ahmad Dahlan juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia, dia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Giring serta Ikhsan Tarore.
 
Film "Soegija" (ANTARA/Puskat Pictures)


2. "Soegija" (2012)
Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang Uskup danaba bernama Albertus Soegijapranata SJ. Disutradari oleh Garin Nugroho, film ini mengandung pesan yang sangat relevan bagi kehidupan di masa kini. Film ini mengangkat isu intoleransi yang sudah sejak lama menjadi persoalan besar di Indonesia.

3. "Sang Kiai" (2013)
Film kolosal produksi Rapi Film ini mengangkat kisah hidup KH Hasyim Asy’ari, seorang ulama karismatik yang merupakan salah satu tokoh kunci kemerdekaan Indonesia. Film yang sarat dengan unsur komedi ini disutradari oleh Rako Prijanto dan dibintangi oleh Christine Hakim, Ikranagara, dan Agus Kuncoro.

4. "Soekarno" (2013)
Film yang sempat menjadi kontroversi ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Dibintangi oleh Ario Bayu sebagai sang proklamator, "Soekarno" berkisah tentang masa kecil Presiden pertama RI yang bernama Kusno, masa remaja, kisah cinta hingga saat memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Dalam film tersebut juga ditampilkan pidato-pidato Soekarno yang membakar semangat nasionalisme, masa-masa pengasingan hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang membuat haru.

Baca juga: Layak dijadikan film kisah pahlawan nasional Nani Wartabone

Baca juga: Dua pahlawan film menurut Reza Rahadian

Baca juga: Peneliti: pahlawan super membawa pesan buruk kepada anak

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Suasana kedatangan internasional di Terminal 3 Bandara Soetta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar