Penerima anugerah Pahlawan Nasional Raden Mattaher diwakili keluarga

Penerima anugerah Pahlawan Nasional Raden Mattaher diwakili keluarga

Dokumentasi - Diskusi tentang pengajuan Raden Mattaher menjadi Pahlawan Nasional di Jambi. ANTARA/Syarif Abdullah.

Jambi (ANTARA) - Penerima anugerah gelar Pahlawan Nasional untuk Raden Mattaher dari Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta, Selasa (10/11) siang ini, diwakili oleh pihak keluarga panglima perang asal Jambi itu.

"Undangan untuk penganugerahan gelar Pahlawan Nasional telah diterima, dan pihak keluarga menghadiri dan mewakili penerimaan gelar Pahlwan Nasional untuk Raden Mattaher," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Jambi Arief Munandar di Jambi, Selasa.

Rencananya, Raden Mattaher bersama lima tokoh lainnya akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020.

Raden Mattaher terlahir dengan nama Raden Mohammad Tahir, lahir di dusun Sekamis, Kasau Melintang Pauh, Air Hitam, Batin VI, Jambi, 1871 - meninggal di dusun Muaro Jambi, 10 September 1907

Sosok berjuluk "Singo Kumpeh" itu menjadi pejuang Jambi kedua yang mendapat gelar Pahlawan Nasional. Sebelumnya gelar yang sama dikukuhkan pemerintah untuk Sulthan Thaha Saifuddin.

Raden Mattaher merupakan salah seorang panglima perang Jambi pada masa pemerintahan Kesultanan Jambi di bawah pimpinan Sulthan Thaha.

Ia yang dikenal dengan sebutan "Singo Kumpeh" tersebut mencegat dan menenggelamkan kapal-kapal Belanda yang berlayar di aliran Sungai Batanghari. Aliran sungai dari Muara Tembesi hingga Nipah yang menjadi daerah perjuangannya.

Perlawanan Raden Mattaher sangat diperhitungkan oleh Belanda di Jambi. Setelah Sulthan Thaha wafat pada 1904, Raden Mattaher melanjutkan kepemimpinan perlawanan kepada Belanda.

Hingga akhirnya, Belanda melakukan penyerangan ke basis pertahanan Raden Mattaher dan pasukannya di kawasan Kumpeh, Muaro Jambi. Pejuang jambi itu gugur pada hari Jum’at, waktu subuh, tanggal 10 September 1907.

Raden Mattaher dimakamkan di komplek pemakaman raja-raja Jambi di tepi Danau Sipin Jambi.

Baca juga: Kepahlawanan "Singo Kumpeh" semangati generasi muda Jambi
Baca juga: Kapolri pertama hingga Menteri Penerangan akan jadi Pahlawan Nasional

 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sekolah berasrama di Jambi tutup, guru dan murid terpapar COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar