Jakarta (ANTARA) - Samsung dilaporkan merajai pasar ponsel pintar Amerika Serikat pada kuartal ketiga tahun ini, untuk pertama kalinya dalam tiga tahun mengalahkan pesaingnya, Apple.

Samsung menyumbang 33,7 persen di pasar smartphone AS pada periode Juli-September, naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya, menurut laporan peneliti pasar Strategy Analytics, dikutip dari Yonhap, Selasa.

Apple berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 30,2 persen, diikuti oleh pembuat ponsel pintar asal Korea Selatan lainnya, LG Electronics, dengan pangsa pasar 14,7 persen.

Ini adalah pertama kalinya sejak kuartal kedua 2017 Samsung menduduki puncak pasar ponsel pintar AS.

Penjualan yang solid dari smartphone kelas menengah dan "ramah kantong," bersama dengan peluncuran perangkat andalan, seperti Galaxy Note 20 dan Galaxy Z Fold 2, tampaknya meningkatkan kehadiran Samsung di AS.

Orang dalam industri mengatakan terlambatnya peluncuran seri iPhone 12 kemungkinan juga membantu Samsung berkembang di AS.

Apple biasanya merilis iPhone baru pada bulan September, tetapi tahun ini, raksasa teknologi AS itu mulai menjual smartphone baru pada Oktober.

Samsung juga merajai pasar smartphone global pada kuartal ketiga tahun ini dengan pangsa 21,9 persen, mengalahkan perusahaan teknologi asal China Huawei dengan pangsa 14,1 persen dan Xiaomi dengan pangsa 12,7 persen.

Sementara Apple memiliki pangsa 11,9 persen di pasar global pada kuartal ketiga 2020.


Baca juga: Samsung luncurkan Galaxy S21 lebih awal, saingi Apple dan Huawei

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 vs iPad Pro 2020, pilih mana?

Baca juga: Penjualan ponsel dunia turun karena pandemi, Samsung paling terdampak

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020