BBC akan selidiki perihal wawancara Puteri Diana

BBC akan selidiki perihal wawancara Puteri Diana

Puteri Diana dan Pangeran Charles. ANTARA/REUTERS/STR New.

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan BBC Inggris mengatakan, Senin, akan mengadakan penyelidikan tentang bagaimana wawancara terkenal dengan mendiang Putri Diana pada 1995 didapatkan, di tengah tuduhan dari saudara laki-laki Diana bahwa Diana dijebak agar ambil bagian dalam wawancara.

Selama wawancara, yang ditonton lebih dari 20 juta pemirsa di Inggris, Diana mengejutkan masyarakat dengan mengakui perselingkuhan dan mengungkapkan detail dari pernikahannya yang gagal dengan pewaris takhta Pangeran Charles.

Baca juga: Saudara Laki-laki Puteri Diana Akan Menikah

“BBC menanggapi ini dengan sangat serius dan kami ingin mengungkap kebenaran,” Tim Davie, direktur jenderal BBC mengatakan dalam sebuah pernyataan mengenai klaim Spencer.

"Kami dalam proses penyelidikan yang kuat dan independen."

Bulan ini, saudara lelaki Diana, Charles Spencer, mengatakan BBC telah gagal meminta maaf untuk apa yang dia sebut dokumen palsu dan "tipuan lain" yang membuatnya memperkenalkan jurnalis Martin Bashir kepada Diana.

Dilansir Reuters, Daily Mail juga menerbitkan catatan Spencer selama pertemuan antara Bashir dan Diana pada 1995, di mana surat kabar itu mengatakan sang jurnalis melakukan beberapa hal demi mendapatkan wawancara.

Beberapa di antaranya adalah klaim bahwa Diana disadap oleh dinas keamanan, dua asisten senior yang dibayar untuk memberikan informasi tentang Diana, dan Bashir memberikan laporan bank palsu untuk mendukung aksi ini.

BBC mengatakan sang jurnalis yang terkenal setelah mewawancarai Diana saat ini sedang cuti, memulihkan diri setelah operasi jantung dan terinfeksi COVID-19.

Spencer menuntut agar BBC minta maaf dan membuat penyelidikan independen tentang bagaimana Bashir mendapatkan wawancara dengan Diana. Menurut sang adik, dia dikeluarkan dari penyelidikan internal BBC pada 1996.

Dalam cuitan di Twitter, Minggu, Spencer mengatakan dia tahu Bashir menggunakan rekening bank palsu dan ketidakjujuran lain untuk mewawancarai Diana, tapi mengatakan, "Yang saya baru tahu dua pekan lalu... BBC juga tahu. Bukan cuma tahu, mereka menutupinya."

Ucapan Diana kepada Bashir mengenai, "ada tiga orang di pernikahan ini, jadi agak ramai," merujuk pada hubungan Charles dengan Camilla yang kini jadi istri keduanya sejak Diana meninggal, sangat merusak citra Charles kala itu.

Mereka bercerai pada 1996 dan Diana terbunuh dalam kecelakaan mobil pada usia 36 di Paris pada tahun berikutnya.

Mantan pimpinan BBC Michael Grade mengatakan masalah ini sangat serius untuk badan penyiaran yang didanai publik, Reuters dikutip Selasa.

Baca juga: Musikal Puteri Diana bakal tayang di Netflix sebelum hadir di Broadway

Baca juga: Kristen Stewart akan berperan sebagai Puteri Diana dalam film baru

Baca juga: Gaun dansa ikonik Puteri Diana-John Travolta terjual nyaris Rp4 miliar

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar