Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap kehadiran lembaga kajian seperti Brain Society Center (BS Center) diharapkan mampu mengisi ruang-ruang partisipasi publik yang dirasa belum optimal dalam memberikan kontribusi, khususnya dalam melahirkan ide-ide segar, perspektif yang holistik, dan pemikiran yang komprehensif.

"Saya merasa optimistis bahwa BS Center akan mampu menunaikan tugas berat tersebut, karena lembaga ini didukung oleh para pakar dari berbagai bidang keilmuan, dan dipimpin oleh Prof Didin S Damanhuri sebagai Ketua Dewan Pakar," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Bamsoet pada peluncuran lembaga riset dan kajian independen Brain Society Center (BS Center), di Jakarta.

Baca juga: MPR gelar Konferensi Nasional II Etika Kehidupan Berbangsa

Dia mengapresiasi kehadiran BS Center sebagai lembaga "think tank" untuk mendiskusikan, mengkritisi, dan menyodorkan gagasan dan pemikiran yang konstruktif atas berbagai isu-isu aktual dan strategis.

Bamsoet meyakini gagasan tersebut mempunyai dampak luas bagi kehidupan masyarakat, baik di bidang ekonomi, politik, hukum, ideologi, sosial, budaya, dan demokrasi.

"Kehadiran BS Center juga diharapkan mampu mengemban misi untuk membantu mengedukasi dan menyosialisasikan kebijakan publik melalui kajian mendalam untuk menawarkan alternatif dan solusi," ujarnya.

Baca juga: Gus Jazil: Aktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan di masyarakat

Dia juga merasa bangga di awal kelahirannya, BS Center langsung menghadirkan hasil riset perdana yang sangat relevan dengan kontekstual, dengan tajuk "Vaksin COVID-19 dan Arah Pemulihan Ekonomi Indonesia".

Bamsoet berharap ke depan BS Center tidak saja semakin produktif melahirkan hasil riset dan penelitian tetapi juga turut memberi warna kehidupan demokrasi di Indonesia dan memberi kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara.

Peluncuran lembaga BS Center tersebut juga bersamaan dengan "launching" buku ke-18 karya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berjudul "Tetep Waras, Jangan 'Ngeres'".

Baca juga: MPR ajak generasi muda persiapkan diri hadapai tantangan

Acara tersebut dihadiri antara lain Ketua MKD DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Ketua Umum BS Center Ahmadi Noor Supit, Ketua Dewan Pakar BS Center Prof Didin S Damanhuri, dan tim peneliti BS Center.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020