Menteri: AI Summit dorong peta kekuatan pemanfaatan AI di Indonesia

Menteri: AI Summit dorong peta kekuatan pemanfaatan AI di Indonesia

Kepala BPPT Hammam Riza di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (24/02/2020). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

peta kekuatan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan melalui Artificial Intelligence (AI) Summit 2020 akan diperoleh masukan dalam membentuk peta kekuatan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh peta kekuatan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia," kata Hammam dalam Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020, Jakarta, Selasa.

AI Summit 2020 sebagai bagian dari rangkaian acara dalam penutupan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25.

Kepala BPPT menuturkan melalui AI Summit 2020, akan disosialisasikan dokumen Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (Stranas KA) 2020-2045.

AI Summit 2020 juga bertujuan untuk memperoleh berbagai masukan untuk menyempurnakan dokumen tersebut sehingga dapat menyusun Peraturan Presiden tentang Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (Stranas KA) 2020-2045.

Hammam mengatakan perlu dipersiapkan data dan infrastruktur komputasi untuk mendukung pengembangan kecerdasan artifisial termasuk mempersiapkan industri dan sektor-sektor publik dalam mengadopsi inovasi yang lahir dari implementasi kecerdasan artifisial.

Baca juga: BPPT terus gaungkan transformasi teknologi dan digital

Baca juga: BPPT: Indonesia harus menguasai IoT AI dan cloud


Kemajuan teknologi kecerdasan artifisial membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah serta mampu meningkatkan produktivitas di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan dan bisnis, katanya.

Hammam menuturkan AI Summit 2020 merupakan ajang bagi seluruh lapisan masyarakat yang mengawal ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia tentang kemampuan produk inovasi Indonesia khususnya di bidang kecerdasan artifisial.

"Ini juga sekaligus adalah ajang untuk memperoleh informasi perkembangan global keilmuan teknologi kecerdasan artifisial dengan menghadirkan pembicara dari mancanegara," tuturnya.

AI Summit 2020 diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan quadhelix yaitu pemerintah, industri, akademisi dan komunitas yang merupakan ekosistem inovasi kecerdasan artifisial yang mampu menumbuhkan inovasi terbuka.

AI Summit juga diisi sejumlah kegiatan antara lain pameran virtual dan seminar virtual.

Baca juga: Artificial Intelligence Summit 2020 siap digelar BPPT

Baca juga: 14 WGS virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 di Indonesia dideteksi BPPT

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPPT dorong Pemkab Pandeglang kembangkan potensi pangan lokal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar