Jakarta (ANTARA) - Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” menggelar rangkaian kegiatan pra-festival yang terdiri dari kelas intensif serta webinar bersama para praktisi film profesional. Rangkaian acara yang diselenggarakan tanggal 9-13 November ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Europe on Screen membuat dua acara, yakni kelas menulis skenario film bersama Domenico La Porta pada 9-12 November 2020 dan webinar “Menyelenggarakan Festival Film Daring” bersama Festival Scope dan perwakilan Festival Film Uni Eropa di India dan Zimbabwe pada 13 November 2020.

Baca juga: Pesan Yandy Laurens bagi sutradara pemula

Baca juga: Daftar nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2020


Kelas intensif penulisan skenario film akan berlangsung selama empat hari terbuka untuk 40 peserta, yang terdiri dari 25 peserta terpilih dari Universitas Multimedia Nusantara dan 15 peserta umum akan berpartisipasi. Kelas intensif ini dibuka khusus untuk penulis naskah atau skenario film di tingkat semi-profesional dan profesional.

“Suatu kebanggaan bagi kami Domenico La Porta dapat menjadi pengajar untuk kelas intensif tahun ini,” kata Nauval Yazid, Festival Co-director Europe on Screen dalam siaran resmi, Selasa.

“Meskipun tahun ini peserta dan pengajar tidak dapat bertatap muka secara langsung, antusias dari masyarakat Indonesia terhadap kelas intensif ini tetap tinggi,” tambah Nauval.

Domenico La Porta adalah seorang jurnalis, konsultan skenario film, produser serta pemimpin redaksi dari situs film Cineuropa. Domenico La Porta memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri perfilman, termasuk dengan produksi film nominasi ajang penghargaan bergengsi Academy Award. Mempunyai reputasi di bidang kreatif, Domenico La Porta telah menjadi narasumber dan pembicara berbagai seminar dan konferensi internasional seperti Cannes Film Festival, San Diego Comic Con, SXSW, dan TedX, serta untuk perusahaan multinasional seperti Google, Netflix dan Warner Games.

Dunia digital menjadi solusi untuk berbagai macam industri di kala pandemi, termasuk industri festival film. Berbagai festival film di seluruh dunia mulai merubah bentuknya, dari yang semula offline menjadi online.

Festival Scope adalah salah satu platform festival film terkemuka yang berbasis di Paris. Matthieu Eberhardt dari Festival Scope bersama Veronica Flora (kurator, EU Film Festival, India), Roberta Wagner (kurator, EU Film Festival, Zimbabwe) dan Europe on Screen akan membahas tentang seluk beluk menyelenggarakan festival film online pada 13 November 2020.

Baca juga: Festival Film Jepang 2020 hadir secara virtual

Baca juga: Reza Rahardian senang produksi film bisa kembali berlanjut

Baca juga: "Eternally Younger Than Those Idiots", atasi trauma lewat persahabatan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020