Akhmad Munir: Pameran foto ANTARA bangun semangat gotong-royong

Akhmad Munir: Pameran foto ANTARA bangun semangat gotong-royong

Tangkapan layar pembukaan pameran foto Antara yang berlangsung secara virtual di Banda Aceh, Selasa (10/11/2020) ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

Banda Aceh (ANTARA) - Direktur Pemberitaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Akhmad Munir mengatakan pameran foto yang digelar di Kantor Biro ANTARA Provinsi Aceh diharapkan dapat membangun semangat gotong-royong di tengah pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan pameran foto ini bisa memberikan insipirasi, bisa memberikan semangat, dan mengingatkan kembali bahwa kita memiliki kekuatan yang besar untuk membangkitkan kembali nilai budaya gotong-royong,” kata Akhmad Munir saat membuka pameran foto secara virtual dari Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wali Kota apresiasi pameran foto jurnalistik Manunggal Negeri di Aceh

Pameran dengan tema "Manunggal Negeri" yang digelar Perum LKBN ANTARA di Aceh akan berlangsung sejak tanggal 11-17 November 2020 di Biro Aceh Jalan Panglima Nyak Makam Lampineung, Banda Aceh.

Akhmad Munir juga mengatakan pada tahun 2019 pameran foto yang digelar oleh Perum LKBN ANTARA setiap tahunnya diselenggarakan di beberapa kota berbeda, diantaranya seperti di Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Jakarta dan Makassar.

Baca juga: Pandemi memunculkan pekerjaan baru terkait teknologi

Khusus pada tahun ini karena terkendala situasi pandemi COVID-19, Antara baru dua kali menggelar pameran foto yakni pertama digelar di Jakarta dan kedua di Kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh.

“Khusus untuk pameran kali ini sengaja mengambil tema manunggal. Ini upaya kami untuk kembali menggelorakan semangat dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, membagkitkan nilai luhur gotong-royong, nilai luhur persatuan, nilai luhur kebhinekaan, serta nilai luhur kebersamaan,” kata Akhmad Munir.

Baca juga: ANTARA tingkatkan kemampuan kontributor melalui pelatihan daring

Menurutnya, dalam pameran tersebut menampilkan sebanyak 75 karya foto dari 54 pewarta foto ANTARA dari seluruh Indonesia.

Foto-foto tersebut menggambarkan situasi Indonesia pada situasi normal sebelum pandemi dan foto saat pandemi COVID-19 melanda tanah air.

“Saya berharap foto yang ditampilkan di dalam pameran ini bisa memberikan insipirasi, bisa memberikan semangat, mengingatkan kembali bahwa memiliki kekuatan yang besar untuk meningkatkan kembali nilai budaya gotong-royong,” katanya menegaskan.

Karya foto tersebut juga diharapkan dapat menggelorakan semua pihak baik kalangan wartawan maupun masyarakat umum.

Akhmad Munir juga menjelaskan, ANTARA sebagai satu-satunya kantor berita Indonesia yang sangat tua di Tanah Air, setiap tahunnya memproduksi 16.000 foto karya pewarta.

Dari 16.000 foto setiap tahun didokumentasikan pewarta foto ANTARA, foto-foto tersebut juga dipublikasi di dalam duplikat seperti saat ini.

Akhmad Munir juga berterima kasih kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman karena selama ini telah bersama-sama membangun Aceh khususnya Banda Aceh bersama Perum LKBN ANTARA Biro Provinsi Aceh.

Ia juga memuji profesionalitas Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Aceh Azhari yang merupakan putra Aceh terbaik di Kantor Berita Antara dan saat ini bertugas di Aceh, guna membangun Aceh yang lebih baik ke depan bersama pemerintah daerah.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar