Seoul (ANTARA) - Kementerian Pertanian Korea Selatan pada Selasa mengatakan telah mengkonfirmasi jenis flu burung H5N8 yang sangat patogen pada sampel burung liar di wilayah barat tengah negara tersebut, sekaligus mengeluarkan peringatan penyakit terkait.

Virus ditemukan pada sampel yang diambil dari burung liar pekan lalu di Cheonan-si, Chungcheongnam-do, sekitar 84 km barat tengah Seoul, demikian pernyataan Kementerian Pertanian.

Disebutkan pula bahwa kementerian telah meningkatkan langkah pencegahan penyebaran flu burung dan mengeluarkan peringatan flu burung yang sangat patogen lantaran berpotensi meningkatkan penyebaran virus.

"Ini kondisi serius di mana polutan dapat berpindah dari lahan burung yang bermigrasi ke peternakan melalui berbagai rute," kata Menteri Pertanian Kim Hyeon-soo melalui pernyataan. Ia mendesak penerapan langkah karantina di peternakan, seperti menyemprotkan disinfektan ke perkarangan setiap hari.

Menyusul wabah flu burung lainnya di Belanda pada Selasa, pejabat kesehatan Belanda mengeluarkan instruksi pemusnahan ayam.


Sumber: Reuters
Baca juga: Korsel musnahkan 12.000 unggas untuk atasi flu burung
Baca juga: Korea Selatan larang impor unggas dari Inggris dan Belanda
Baca juga: Flu Burung Mematikan Pada Bebek Liar Korsel

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020