UM Palangkaraya targetkan kembangkan herbal Kalteng untuk kosmetik

UM Palangkaraya targetkan kembangkan herbal Kalteng untuk kosmetik

Pendiri klinik kecantikan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya Apt Halida Suryadini foto bersama dengan peserta workshop di Palangkaraya, Kamis (12/11/2020). ANTARA/HO-UM Palangkaraya.

Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya menargetkan dapat mengembangkan herbal medik atau bahan-bahan herbal asli Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bahan kosmetik yang aman.

"Kami berharap bisa berkontribusi dalam pengembangan herbal medik khas Kalimantan Tengah yang disajikan dalam bentuk kosmetik yang dapat digunakan oleh masyarakat umum," kata pendiri klinik kecantikan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Palangkaraya Apt Halida Suryadini di Palangkaraya, Kamis.

Baca juga: Kemristek inginkan bahan alam Indonesia gantikan bahan baku obat kimia

Dia menambahkan bahwa produk atau layanan yang akan dikembangkan itu tidak hanya berbasis pengalaman masyarakat dayak dalam melakukan "beauty treatment", tetapi juga akan dikemas dalam bentuk yang ilmiah sehingga aman untuk digunakan.

"Dalam rangka mewujudkan target tersebut, saat ini kami tengah melengkapi persyaratan pendirian klinik kecantikan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya agar dapat melakukan riset ilmiah secara legal. Kami targetkan bisa direalisasikan tahun ini," katanya.

Baca juga: Pengembangan obat herbal akan gunakan bahan biosintetis

Pernyataan itu diungkapkan Halida terkait pelaksanaan workshop bedah persyaratan izin pendirian klinik dengan nara sumber seperti dari pihak Dinas Kesehatan Provinsi kalimantan Tengah, Dinas Lingkungan Hidup dan DPMPTSP Kota Palangkaraya.

Workshop itu sendiri dilakukan sebagai salah satu upaya FIK UM Palangkaraya dapat segera mendapat izin operasional klinik kecantikan Kameloh Husada yang merupakan rangkaian kerjasama dengan Kemendikbud RI program kemitraan PTV-IDUKA.

Baca juga: Peneliti IPB-UI teliti bahan alami antivirus COVID-19

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Nurhalina, SKM, Epid menyebutkan pendirian klinik kecantikan FIK UM Palangkaraya merupakan salah satu implementasi rencana pengembangan dan rencana strategis Fakultas Ilmu Kesehatan.

"Sehingga nantinya bisa menjadi wadah bagi dosen FIK UMP untuk berkarya dalam bidang kosmetik, khususnya kosmetik dengan bahan alam khas Kalimantan Tengah," katanya.

Nurhalina juga berharap dengan adanya klinik kecantikan tersebut para mahasiswa dan lulusan di lingkungan FIK dapat mendapatkan armosfer kewirausahaan sehingga dapat mengembangkan diri dalam berwirausaha.
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar