Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup bervariasi pada perdagangan Kamis, dengan bursa Shanghai melemah setelah data menunjukkan bahwa pinjaman baru bank negara itu bulan lalu turun lebih besar dari yang diperkirakan hingga ke level terendah dalam setahun karena kuota pinjaman diperketat.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai merosot 0,11 persen menjadi ditutup pada 3.338,68 poin. Sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China berakhir 0,52 persen lebih tinggi menjadi menetap di 13.792,07 poin.

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 708,1 miliar yuan (sekitar 106,9 miliar dolar AS), merosot dari 869,6 miliar yuan (sekitar 131,6 miliar dolar AS) pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Saham perusahaan baijiu (alkohol putih), titanium dioksida, dan sektor pemuliaan mencatat kenaikan terbesar, dengan saham Sichuan Swellfun Co, Ltd melonjak 6,48 persen menjadi ditutup pada 81,99 yuan per saham. Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, menguat 0,71 persen menjadi mengakhiri perdagangan pada 2.700,51 poin.

Baca juga: Saham China dibuka "rebound" dari penurunan 2 hari beruntun
Baca juga: Saham China ditutup jatuh, terseret kerugian saham kendaraan listrik
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah setelah melemah sehari sebelumnya


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020