Bola Basket

Jawato dan Prosper sah jadi WNI, siap perkuat timnas Indonesia

Jawato dan Prosper sah jadi WNI, siap perkuat timnas Indonesia

Dokumentasi - Pebasket Indonesia Patriots Brandon Van Dom Jawato (kiri) melakukan lay up yang dihadang pebasket Louvre Surabaya Martavious Tarell Irving saat pertandingan seri keenam Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim/ama.

Setelah dapat clearance dari FIBA, mereka bisa bergabung dengan timnas Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Dua pebasket asing Brandon Jawato dan Lester Prosper siap memperkuat tim nasional basket Indonesia setelah merampungkan proses naturalisasi dan sah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Jawato dan Prosper telah mengucap sumpah janji di Kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah DKI Jakarta, Kamis. Sumpah janji menjadi WNI juga dilakukan oleh pesepak bola asal Belanda Marc Anthony Klok.

Manajer timnas basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella mengatakan Jawato dan Prosper kini hanya perlu menunggu pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor, yang rencananya bakal dilakukan Jumat (13/11).

Baca juga: Proses naturalisasi Jawato dan Prosper masuk tahap akhir

“Besok (Jumat) rencananya mau buat paspor. Setelah paspornya jadi, kami akan kirim ke FIBA,” kata Fareza di Kantor Wilayah Kemenkumham Jakarta, Kamis.

Proses pembuat paspor menjadi mendesak untuk segera diselesaikan karena nama Jawato dan Prosper akan dimasukkan ke dalam roster timnas basket Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, November mendatang.

Batas akhir penyerahan nama-nama pemain itu ke FIBA adalah Senin (16/11).

“Kami harus masukkan (namanya) ke roster. Batas akhir penyerahan roster itu Senin. Jadi Senin idealnya semua sudah jadi. Dokumen sumpah, semua dokumentasi pendukung.”

Baca juga: Komisi III DPR RI setujui permohonan naturalisasi Jawato dan Prosper

“Setelah dapat clearance dari FIBA, mereka bisa bergabung dengan timnas Indonesia,” tuturnya.

Timnas basket Indonesia saat ini tengah menjalani pelatnas di GBK Arena Jakarta. Dari total 15 pemain, hanya 12 pemain yang bakal diberangkatkan ke Bahrain.

Pengumuman final susunan skuat timnas basket Indonesia menuju Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 akan dilakukan pada 20 November mendatang.

Timnas basket putra mempunyai dua laga tersisa di windows kedua Kualifikasi Asia Cup FIBA 2021 untuk menghadapi Thailand dan Korea Selatan yang masing-masing dijadwalkan pada 27 dan 30 November.

Skuat Garuda dijadwalkan bertolak ke Manama, Bahrain pada 22 November mendatang.

Baca juga: Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 adopsi pola gelembung

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Indonesia vs Filipina: 70-100

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar