Kualifikasi Piala Eropa 2020

Gol Duris pada perpanjangan waktu bawa Slovakia ke EURO

Gol Duris pada perpanjangan waktu bawa Slovakia ke EURO

Penyerang Slovakia Michal Duris (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Irlandia Utara, pada pertandingan playoff kualifikasi EURO yang dimainkan di Windsor Park, Belfast, Kamis (12/11/2020). ANTARA/AFP/PAUL FAITH.

Jakarta (ANTARA) - Michal Duris mengemas gol penentu kemenangan pada perpanjangan waktu untuk membawa Slovakia menang 2-1 atas Irlandia Utara, sekaligus melaju ke putaran final EURO.

Pada pertandingan playoff kualifikasi EURO atau Piala Eropa jalur B yang dimainkan di Windsor Park, Belfast tersebut, Slovakia memimpin terlebih dahulu melalui gol Juraj Kucka pada menit ke-17. Tuan rumah kemudian menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Milan Skriniar pada menit ke-88, sebelum gol Duris pada menit ke-110 memastikan kemenangan tim tamu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu mengantarkan Slovakia tampil di putaran final Piala Eropa untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya mereka berpartisipasi pada Piala Eropa 2016 dan berhasil melaju sampai 16 besar.

Baca juga: Skotlandia lolos ke EURO usai singkirkan Serbia lewat adu penalti
Baca juga: Hongaria amankan tiket putaran final EURO setelah tundukkan Islandia


Setelah menguasai permainan pada awal pertandingan, gawang Irlandia Utara justru kemasukan. Slovakia memecah kebuntuan saat Kucka memaksimalkan kesalahan George Saville dalam menyundul bola, sebelum melepaskan sepakan masuk ke gawang tuan rumah.

Kemasukan satu gol membuat Irlandia Utara tampil lebih agresif. Niall McGinn melepaskan umpan silang yang masih dapat ditepis kiper Marek Rodak ke atas gawangnya.

Sebanyak dua peluang kemudian dimiliki Irlandia Utara dari Josh Magennis dan Stuart Dallas. Namun keduanya tidak mampu mengonversi menjadi gol balasan.

Upaya keras Irlandia Utara untuk menyamakan kedudukan baru terbayar menjelang waktu normal usai. Patrick McNair berlari di garis tepi lapangan, dan umpan tariknya justru secara tidak sengaja dimasukkan ke gawang sendiri oleh Skriniar.

Namun kegembiraan tuan rumah sirna saat pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Pemain pengganti Slovakia Duris mencetak gol penentu kemenangan, saat operan Kucka terdefleksi ke punggung Jonny Evans, dan Duris mampu mencuri bola untuk melepaskan sepakan kaki kanan berbuah gol.

Baca juga: Antar Makedonia ke EURO, Pandev: Berapa usia saya tidaklah penting
Baca juga: UEFA tegaskan tidak akan ubah format Piala Eropa 2020


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Irlandia Utara (4-4-2): Bailey Peacock-Farrell, Stuart Dallas, Craig Cathcart (Tom Flanagan 99'), Jonny Evans, Jamal Lewis, Niall McGinn (Kyle Lafferty 77'), Patrick McNair (Shane Ferguson 104'), Steven Davis, George Saville (Jordan Thompson 65'), Josh Magennis (Liam Boyce 77'), Conor Washington (Gavin Whyte 66')

Slovakia (4-1-4-1): Marek Rodak, Peter Pekarik, Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan, Stanislav Lobotka (Patrik Hrosovsky 65'), Juraj Kucka, Robert Mak (Michal Duris 65'), Albert Rusnak (Norbert Gyomber 118'), Marek Hamsik (Jan Gregus 106'), Ondrej Duda (Samuel Mraz85')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mobil terbang lepas landas untuk pertama kalinya di Slovakia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar