Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat pagi bergerak melemah seiring koreksi bursa saham global.

IHSG dibuka melemah 9,5 poin atau 0,17 persen ke posisi 5.449,1. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 3,12 poin atau 0,36 persen ke posisi 863,57.

"IHSG diperkirakan melemah pada perdagangan hari ini yang dipengaruhi oleh sentimen indeks Wall Street pada perdagangan Kamis kemarin yang ditutup melemah, indeks bursa berjangka Wall Street yang sementara berada di zona negatif, dan indeks regional Asia yang diperkirakan mayoritas terkoreksi," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah dalam riset yang dikutip Antara di Jakarta, Jumat.

Baca juga: IHSG Jumat dibuka melemah 9,5 poin

Dari eksternal, Presiden AS terpilih Joe Biden menampik sikap pemerintahan Trump yang menolak memulai proses transisi resmi, meskipun ada sejumlah pemimpin Partai Republik yang berpihak pada Trump untuk melanjutkan gugatan hukum guna membatalkan hasil pemilu yang memproyeksikan kemenangan Joe Biden.

Persiapan untuk pelantikan presiden 20 Januari nanti sudah dimulai. Tetapi proses transisi formal belum akan dimulai hingga pejabat Administrasi Layanan Umum GSA yang ditunjuk oleh Trump mengumumkan hal tersebut.

Joe Biden sendiri dikabarkan tengah mempersiapkan transisi kepresidenan sebagai rencana mengambil kendali pemerintahan.

Baca juga: IHSG terkoreksi dipicu aksi ambil untung

Pemerintahan Trump juga dilaporkan mundur dari pembicaraan paket stimulus dan menyerahkannya kepada kongres untuk melanjutkan kembali negosiasi dengan Ketua DPR Nancy Pelosi,

Sementara itu, peningkatan kasus COVID-19 menambah kekhawatiran akan diterapkannya pengetatan pembatasan yang dapat mengancam perlambatan pemulihan ekonomi.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei melemah 259,16 poin atau 1,02 persen ke 25.261,72, indeks Hang Seng turun 199,36 poin atau 0,76 persen ke 25.970,02, dan indeks Straits Times terkoreksi 22,83 atau 0,84 persen ke 2.689,07.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020