Medan, 22/4 (ANTARA) - Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Wasliyah Sumatra Utara menjalin kerjasama dengan Malaysia International College of Sains Technology (MiCoST) dalam bidang peningkatan pendidikan.

Rektor UMN Al Washliyah, Prof Sri Sulistyawati, di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya terus berupaya menjalin kerja sama dengan beberapa universitas terkemuka dari beberapa negara termasuk juga dari Malaysia.

"Kami menyadari jalinan kerja sama dengan universitas-universitas maju di luar negeri sangat penting artinya bagi kemajuan UMN ke depan terutama dalam hal meningkatkan akreditasi universitas," katanya.

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh misalnya, mahasiswa UMN mendapatkan kesempatan beasiswa bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke beberapa universitas yang sudah menjalin kerja sama tersebut.

Dengan jalinan kerja sama tersebut, lanjutnya, UMN juga akan mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang kemajuan perguruan tinggi di beberapa negara tersebut. Kemajuan-kemajuan tersebut diharapkan dapat diterapkan UMN Al-Wasliyah.

"Dengan demikian lulusan UMN Al-Washliyah akan semakin baik dan tidak kalah bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya," katanya.

Direktur MiCoST, Prof Datuk Razali Agus, mengatakan, jurusan Farmasi UMN Al Washliyah diharapkan dapat menerima mahasiswa asal Malaysia. Hal itu dapat segera terealisasi jika UMN Al Washliyah mendapatkan akreditasi dari Pemerintah Malaysia.

Menurut dia, akreditasi tersebut sangat dibutuhkan karena Malaysia hanya menerima tenaga kerja yang menamatkan pendidikan di universitas yang telah diakui negara.

Saat ini, lanjutnya, baru empat universitas di Indonesia yang diakui Malaysia menerima mahasiswa farmasi yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Institur teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga dan Universitas Sriwijaya.

"Mudah-mudahan UMN Al Washliyah akan menjadi universitas kelima yang mendapatkan kesempatan baik itu," katanya.

Ia mengatakan, bidang farmasi di Malaysia menjadi salah satu jurusan paling favorit setelah kedokteran dan kedokteran gigi yang ditandai dengan tingginya minat pendaftar di jurusan tersebut.

"Oleh karena itu diharapkan UMN Al Wasliyah dapat memanfaatkan kesempatan itu, sehingga jalinan kerja sama dapat lebih meluas dan saling menguntungkan," katanya.
(JRD/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010