Jakarta (ANTARA) - Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” menggelar rangkaian kegiatan prafestival yang terdiri dari kelas intensif serta webinar bersama para praktisi film profesional dari Eropa.

"Di sesi ini kita bisa saling berbagi pengalaman sehingga bisa mendapat perspektif lain yang bisa menjadi solusi dalam menyiasati the new normal di industri film kita," kata Meninaputri Wismurti, Festival Co-director Europe on Screen, dalam siaran virtual, Jumat (13/11) malam.

Rangkaian acara yang diselenggarakan tanggal 9-13 November ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Terdapat 2 acara yang dapat diikuti oleh para pegiat film dari seluruh Indonesia, yaitu kelas intensif menulis skenario film bersama Domenico La Porta (9-12 November).

Baca juga: Acara prafestival "Europe on Screen" diramaikan praktisi film Eropa

Baca juga: SAG Awards ditunda hingga Maret 2021


Kelas intensif penulisan skenario film berlangsung selama empat hari terbuka untuk 40 peserta, dan dibuka khusus untuk penulis naskah atau skenario film di tingkat semi-profesional dan profesional.

Domenico La Porta adalah seorang jurnalis, konsultan skenario film, produser serta pemimpin redaksi dari situs film Cineuropa. La Porta memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri perfilman, termasuk dengan produksi film nominasi ajang penghargaan Academy Award.

La Porta juga telah menjadi narasumber dan pembicara berbagai seminar dan konferensi internasional seperti Cannes Film Festival, San Diego Comic Con, SXSW, dan TedX, serta untuk perusahaan multinasional seperti Google, Netflix dan Warner Games.

“Meskipun tahun ini peserta dan pengajar tidak dapat bertatap muka secara langsung, antusias dari masyarakat Indonesia terhadap kelas intensif ini tetap tinggi,” kata Nauval Yazid, Festival Co-director Europe on Screen.

Lalu ada juga sesi webinar “Menyelenggarakan Festival Film Daring” bersama Festival Scope dan perwakilan Festival Film Uni Eropa di India dan Zimbabwe pada 13 November.

Baca juga: Pesan Yandy Laurens bagi sutradara pemula

Baca juga: Daftar nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2020


Matthieu Eberhardt dari Festival Scope bersama Veronica Flora (kurator, EU Film Festival, India), Roberta Wagner (kurator, EU Film Festival, Zimbabwe) hadir sebagai narasumber untuk berbagi ilmu dalam webinar ini.

Sementara itu, selama festival berlangsung akan ada sesi tanya jawab bersama para pelaku perfilman Eropa dalam program "Europe On Screen: Film Talk".

Mulai dari tanggal 16-29 November, penyuka film bisa berbincang dengan sutradara dan pegiat film dari Eropa. Berikut jadwalnya.

16 November – Måns Mårlind dan Björn Stein, sutradara "Swoon"

17 November – Webinar bersama Institut Francais Indonesia tentang "Restorasi Untuk Kepentingan Sinema dan AudioVisual" bersama perwakilan dari Institut National de L'audiovisuel dan Centre National du Cinéma et de L'image Animée

17 November - Jessica Hausner, sutradara "Little Joe"

20 November – Cordula Kablitz-Post, sutradara "You Only Live Once"

24 November – Radu Ciorniciuc, sutradara "Acasa - My Home"

25 November – Pemenang Short Film Pitching Project 2019 dan Gabriela Pichler, sutradara "Amateurs"

26-27 November – Penjurian Short Film Pitching Project 2020

26 November – Ken Wardrop, sutradara "Making the Grade" dan Miguel Ángel Jiménez, sutradara "Window to the Sea"

28 November –Antoine Russbach, sutradara "Those Who Work" dan Halina Reijn, sutradara "Instinct"

29 November – Michela Occhipinti sutradara "Flesh Out"

Baca juga: Festival film Europe on Screen 2020 hadir secara daring
​​​​​​​

Baca juga: "The Swordsman", film Joe Taslim & Jang Hyuk, jadi pembuka KIFF 2020

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020