Jakarta (ANTARA) - Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak pandemi COVID-19 merebak, banyak penyesuaian yang dilakukan, tak terkecuali pegiat fesyen di Indonesia.

Sejumlah desainer lokal mulai membuat masker wajah dari kain dan didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi fashion statement.

Pun dengan selebritas Indonesia yang menjadi trendsetter yang menyuarakan penggunaan masker bisa menjadi pelengkap yang tak hanya untuk mencegah penyebaran virus, namun juga tetap modis.

Mulai dari Bunga Citra Lestari hingga desainer Mety Choa yang maskernya dikenakan oleh Lady Gaga, berikut sejumlah inspirasi gaya fashionable dengan mengenakan masker wajah.

Anne Avantie
Desainer kawakan Indonesia Anne Avantie menghadirkan masker kain dengan motif batik dengan tajuk "Masker Art" dan untuk koleksinya yang bertajuk "Herritage".

Tak hanya mengadopsi dari corak kain batik Indonesia, Anne juga menambahkan elemen penghias lain seperti renda dan perpaduan dengan tenun, sehingga memunculkan kesan mewah.

Hian Tjen
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HIAN TJEN (@hiantjen)

Desainer Hian Tjen menciptakan masker wajah yang fashionable dan penuh dengan detail. Dengan dasar warna hitam, ia membuat motif-motif seperti badak, ikan koi, dan lainnya dengan bordir tangan yang detail serta taburan berlian swarovski, yang membuatnya hadir dengan kesan mewah dan elegan.

Baca juga: Anne Avantie tampilkan "Tjerita Tjinta" di Palembang Fashion Week 2020

Ghea Fashion Studio for Bunga Citra Lestari
Penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) pada perayaan Idul Fitri lalu tampil modis dengan kaftan motif keramik biru dan putih koleksi Raya dari Ghea Fashion Studio.

BCL juga mengenakan masker kain yang senada dengan kaftannya, dilengkapi dengan pashmina pink yang menutupi kepalanya.

Sementara, Noah mengenakan kemeja bermotif floral berwarna serasi dengan BCL, dilengkapi dengan masker kain.

Mety Choa for Lady Gaga
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lady Gaga (@ladygaga)

Desainer asal Jakarta, Mety Choa (Maison Met) berhasil memperkenalkan masker metalik karyanya di panggung internasional. Penyanyi Lady Gaga mengenakan masker buatan Mety saat menerima penghargaan di panggung MTV Video Music Awards 2020.

Meski terlihat glamor dan cantik, masker bertajuk "Metallic Mesh" itu juga memiliki lapisan dan pelindung di dalamnya, sehingga bisa dipakai berulang kali dan dapat mencegah penyebaran virus.

Selain Lady Gaga, Mety Choa juga pernah berkolaborasi dengan selebriti internasional, seperti Gwen Stefani, Gigi Hadid, hingga Kat Graham.

Baca juga: Tanya jawab Mety Choa soal busana Anggun di pembukaan Asian Games

Diana Putri for "Chromatica" Lady Gaga
Desainer asal Surabaya, Diana Putri (Diana Couture) baru-baru ini mendapatkan perhatian besar karena masker kain karyanya dikenakan oleh penyanyi Lady Gaga.

Tak lama setelah peluncuran album terbaru Lady Gaga yang berjudul "Chromatica" yang rilis pada bulan Mei, Diana Putri mendesain masker eksentrik yang bertema logo album tersebut dengan palet warna pink.

Masker tersebut terlihat dipakai oleh Lady Gaga, saat tengah melakukan gladi resik untuk acara MTV Video music Awards, bersama penyanyi Ariana Grande.

Selain Lady Gaga, Diana sebelumnya pernah membuat baju untuk penampilan Ariana Grande di panggung MTV Video Music Awards 2018. Tak hanya itu, Janet Jackson, Kesha, hingga Toni Braxton juga pernah mengenakan karyanya.

#satgascovid19
#maskerkain

Baca juga: Masker kain "fashionable" bisa bantu UKM bertahan, kata Ketua APPMI

Baca juga: Olah kreativitas kunci bertahan di industri fesyen kala pandemi

Baca juga: Kenali beda jenis masker dan cara pakainya untuk cegah kena COVID-19

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020