Sebagai pusat ekonomi internasional, Hong Kong sangat strategis untuk mempromosikan produk kita
Beijing (ANTARA) - Toko daring IDN Store memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Indonesia memasarkan produk-produknya di Hong Kong.

"Sebagai pusat ekonomi internasional, Hong Kong sangat strategis untuk mempromosikan produk kita," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar, Sabtu.

Keunggulan dan jaminan mutu produk-produk Indonesia menjadi modal utama untuk bersaing dengan produk-produk dari negara lain.

"Oleh karena itu, saya yakin IDN Store ini akan mampu meningkatkan ekspor kita ke Hong Kong," ujar Ricky.

Sejak pertama diluncurkan secara daring oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Kasan Muhri pada Rabu (11/11), sudah banyak produk-produk dari Indonesia yang ditransaksikan di Hong Kong.

Mayoritas produk makanan dan minuman asal Indonesia yang ditransaksikan melalui perusahaan ekspor asal Hong Kong, Forever Harvest Cooperation Ltd.

"Saya berharap platform IDN Store ini semakin memperkaya promosi produk siap ekspor Indonesia. Tidak hanya menawarkan pilihan lain bagi masyarakat Hong Kong untuk membeli produk Indonesia, melainkan juga mendekatkan pembeli kepada UMKM Indonesia," kata Ricky.

Sampai saat ini terdapat lebih dari 400 toko Indonesia tersebar di seluruh Hong Kong yang menjadi kanal penjualan produk-produk Indonesia.

Nilai perdagangan Indonesia dengan Hong Kong selama 2019 mencapai 4,5 miliar dolar AS.


Baca juga: Hari ketiga, pameran dagang virtual RI catat transaksi 2 juta dolar AS

Baca juga: Mantan Menkeu China: Gesekan dagang tetap ada dengan AS di bawah Biden

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020