Petugas kami sedang melakukan penanganan terhadap tiang tumbang dan sejumlah pohon yang juga tumbang menimpa jaringan
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Hujan deras dan angin kencang melanda Putussibau dan sekitarnya di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, akibatnya tiang listrik milik PLN di jalur utama Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Sawai Putussibau tumbang yang berdampak listrik di daerah tersebut padam total.
 
Gemuruh angin serta sambaran petir dan guntur mengejutkan warga setempat sekitar pukul 20.15 WIB hingga 21.44 WIB Sabtu (14/11).
 
"Satu tiang listrik antara PLTD dan Kodim tumbang serta empat gawang kabel turun ke tanah," kata Manager PLN Ranting Putussibau Andrew, di hubungi ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu malam.
 
Menurut dia, listrik akan kembali nyala dengan normal setelah kondisi tersebut bisa diatasi.
 
"Petugas kami sedang melakukan penanganan terhadap tiang tumbang dan sejumlah pohon yang juga tumbang menimpa jaringan," jelas Andrew.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan hujan deras disertai anging kencang dan petir mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.
 
"BPBD masih turun ke lokasi beberapa titik pohon tumbang, untuk informasi selengkapnya menunggu laporan dari lapangan," kata Gunawan.
 
Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi bencana alam, karena memang Kapuas Hulu berpotensi banjir, angin kencang atau puting beliung dan longsor.
 
"Jangan panik, setiap terjadi bencana tetap utamakan keselamatan," pesan Gunawan.

Baca juga: Lima rumah warga di Timor Tengah Utara rusak diterjang angin kencang

Baca juga: BPBD: Angin kencang terjang sejumlah wilayah Banyumas

Baca juga: Puluhan rumah rusak diterjang angin kencang di Gunung Kidul


 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020