Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli mengincar kemenangan ketiganya musim ini setelah mengamankan pole position Grand Prix Valencia pada Sabtu.

Pebalap tim Petronas Yamaha itu menempati peringkat lima klasemen, terpaut 45 poin dari pemuncak Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar, yang memiliki peluang mengunci titel di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu nanti.

Mir tinggal perlu menjaga margin 26 poin dari rival-rivalnya setelah GP Valencia usai sebelum seri pemungkas di Portugal jika ingin dinobatkan juara dunia.

Morbidelli akan tampil tanpa beban dalam balapan penultima itu, meski secara matematis ia masih berpeluang dalam perebutan gelar juara dunia.

"Akhir pekan yang bagus sejauh ini. Kami langsung dapat memperbaiki ritme kami dibandingkan dengan akhir pekan lalu," kata pebalap Italia itu seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Baca juga: Morbidelli raih pole position Grand Prix Valencia

"Kualifikasi yang cukup aneh dengan kondisi yang tidak mudah. Dan mengambil resiko untuk membuat catatan waktu itu bagus dan saya mampu melakukannya karena saya merasa baik dengan motor ini.

"Sekarang penting untuk start yang baik untuk besok dan menjalani balapan yang bagus di manapun posisi kami berada dan mencoba mengumpulkan poin.

Jebolan akademi VR46 milik Valentino Rossi itu terbukti mampu mengonversi start baris terdepan menjadi kemenangan seperti yang dia lakukan di Grand Prix San Marino dan Grand Prix Teruel, di mana ia mengawali kedua balapan itu dari P2.

"Menang itu selalu terasa bagus dan saya ingin menang besok. Ada beberapa hal yang tentunya menghalangi tujuan saya, tapi saya akan mengatasinya," kata dia.

Baca juga: Morbidelli tercepat di FP3 Grand Prix Valencia

Pemilihan ban akan sangat krusial di Valencia mengingat Yamaha akhir pekan lalu kewalahan menaklukkan sirkuit di Spanyol itu.

"Kami sedikit ragu soal pemilihan ban karena ban belakang medium sepertinya lebih baik dari hard dan ban depan, jika kemungkinan suhunya sedikit lebih tinggi, kami akan memilih hard karena dia bertahan lebih banyak putaran. Itu kurang lebihnya dalam pemilihan ban.

Sementara rekan satu timnya, Fabio Quartararo kembali gagal menemukan performa motornya dan bakal start dari P11, satu posisi di depan Mir.

Quartararo, yang memiliki poin sama dengan Alex Rins dari tim Suzuki, berjarak 37 poin dari Mir dalam klasemen.

Baca juga: Lecuona positif COVID-19, kembali absen di Valencia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020