UEFA Nations League

Gerard Moreno selamatkan Spanyol dari kekalahan lawan Swiss

Gerard Moreno selamatkan Spanyol dari kekalahan lawan Swiss

Gelandang serang tim nasional Spanyol Gerard Moreno (kanan) mencetak gol penyama kedudukan ke gawang Swiss dalam lanjutan UEFA Nations League Divisi A Grup 4 (A4) di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss, Sabtu (14/11/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Arnd Wiegmann)

Jakarta (ANTARA) - Gerard Moreno menyelamatkan tim nasional Spanyol dari kekalahan melawan Swiss lewat golnya yang memaksakan hasil imbang 1-1 dalam laga putaran kelima UEFA Nations League Divisi A Grup 4 (A4) di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss, Sabtu waktu setempat.

Moreno baru masuk pada menit ke-81 menggantikan Mikel Merino untuk kemudian mencetak gol penyama kedudukan satu menit menjelang bubaran waktu normal menyontek umpan tarik Sergio Reguilon, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah unggul lebih dulu sejak menit ke-26 saat Remo Freuler melepaskan tembakan sentuhan pertama menyambut umpan kiriman Breel Embolo yang menaklukkan kiper Unai Simon.

Spanyol berusaha keras membalas tetapi dua peluang dari Fabian Ruiz dan Mikel Oyarzabal bisa dimentahkan oleh kiper Yann Sommer, sedangkan Nico Elvedi pasang badan untuk menghalau bola tembakan Dani Olmo.

Baca juga: Sergio Ramos di ambang pecahkan rekor Eropa

Sepuluh menit memasuki babak kedua, Swiss hampir menggandakan keunggulan tetapi bola tembakan Haris Seferovic yang sudah menaklukkan Simon disapu sebelum melewati garis gawang oleh kapten Spanyol Sergio Ramos.

Sayang, kepahlawanan Ramos seolah terhapuskan dua menit kemudian ketika dia gagal memanfaatkan kesempatan tendangan penalti dan eksekusinya bisa dibaca mudah oleh Sommer.

Pada menit ke-79 Spanyol kembali mendapat hadiah tembakan penalti berbarengan dengan kartu kuning kedua Elvedi yang membuat Swiss harus menuntaskan laga dengan 10 pemain.

Namun, Ramos yang kembali menghadapi bola melepaskan eksekusi lemah dan mudah dibaca oleh Sommer untuk menyelamatkan gawang Swiss.

Beruntung bagi Ramos, tonggak 177 penampilannya bersama Spanyol tidak berakhir dengan kekalahan setelah gol Gerard Moreno memaksakan hasil imbang satu menit menjelang bubaran waktu normal.

Baca juga: Jerman bangkit dan hempaskan Ukraina 3-1

Hanya saja, hasil itu membuat Spanyol kehilangan posisi puncak klasemen Grup A4, sebab Jerman yang menang atas Ukraina di laga lain kini mengoleksi sembilan poin dan unggul satu poin atas La Furia Roja.

Spanyol akan memainkan laga hidup dan mati melawan Jerman untuk menentukan wakil Grup A4 ke babak empat besar pada Selasa (17/11) di Stadion La Cartuja, Sevilla.

Sedangkan Ukraina yang berada pada urutan ketiga dengan koleksi enam poin juga akan menghadapi penentuan untuk menghindari degradasi ke Divisi B saat melawat ke Swiss pada hari yang sama.

Baca juga: Siprus ukir kemenangan perdana Nations League usai taklukkan Luxemburg
Baca juga: Malta menang 3-1 atas Andorra


Susunan pemain:

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Edimilson Fernandes, Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Renato Steffen); Xherdan Shaqiri (Djibril Sow); Breel Embolo (Admir Mehmedi), Haris Seferovic (Becir Omeragic)
Pelatih: Vladimir Petkovic

Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Sergi Roberto, Sergio Ramos, Pau Torres, Sergio Reguilon; Mikel Merino (Gerard Moreno), Sergio Busquets (Koke); Ferran Torres, Fabian Ruiz (Alvaro Morata), Mikel Oyarzabal (Adama Traore); Dani Olmo (Sergio Canales)
Pelatih: Luis Enrique

Baca juga: Italia compang camping jelang menjamu Polandia
Baca juga: Marcus Rashford mundur dari skuat timnas Inggris karena cedera

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar