Pelatnas Tahap III Olimpiade Sains Dimulai

Jakarta (ANTARA News) - Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Tahap III Olimpiade Sains bidang Informatika dan Matematika tahun 2010 dimulai di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok (Jawa Barat), pada Senin (26/4).

Menuut keterangan pers dari Universitas Indonesia yang diterima di Jakarta, Sabtu, pembukaan pelatnas olimpiade sains akan dilakukan Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Ir Muhammad Anis.

Pelatnas Tahan III Olimpiade Sains bidang Informatika dan matematika ini diselenggarakan selama tiga minggu, dari 25 April hingga 15 Mei 2010 dan diikuti siswa SMA yang telah berhasil melalui proses penyaringan pada Pelatnas I dan II, yaitu sembilan siswa bidang informatika dan 10 peserta bidang matematika.

Pelatnas III Olimpiade Sains bidang Informatika dan Matematika 2010 akan menentukan empat peserta terbaik yang akan mewakili Indonesia di Olimpiade Sains bidang Informatika di International Olympiad in Informatics (IOI) 2010 di Kota Waterloo, Ontario, Kanada pada 7 hingga 15 Agustus 2010.

Sedangkan untuk bidang matematika akan dipilih enam peserta terbaik untuk dikirim ke International Matematics Olympiad (IMO) 2010 di Kota Astana, Kazakhstan pada 2 hingga 4 Juli 2010.

Dalam pelatnas tahan 3 ini, peserta dibimbing dan diasuh oleh staf pengajar UI dalam usaha untuk mencetak prestasi di tingkat dunia. Peserta pelatnas dibimbing dan diasuh staf akademis dari Faklutas Ilmu Komputer UI, sementara peserta bidang matematika dibimbing staf akademis dari Jurusan Matematika FMIPA UI.

Sejak tahun 2002, Kemendiknas telah menyelenggarakan olimpiade nasional tahun ini.

Kegiatan ini diadakan dengan sistem kompetisi bertahap mulai dari tingkat kabupaten dan kotamadya, kemudian ke tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Selanjutnya, dari semua peserta tingkat nasional, 30 siswa terbaik setiap bidang diberi pembinaan dan pelatihan khusus secara intensif dalam bentuk pelatnas.

Peserta menjalani seleksi lanjutan dalam beberapa tahap hingga diperoleh 4-6 siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia berkompetisi di Olimpiade Sains Internasional.
(S023/A033/P003)

Pewarta: priya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Pembinaan sejak dini, ratusan siswa ikuti kompetisi olimpiade siswa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar