Anti Hoax

Goyang tabung gas timbulkan ledakan? Ini penjelasannya

Goyang tabung gas timbulkan ledakan? Ini penjelasannya

Arsip- Warga mengantre untuk membeli gas elpiji bersubsidi pada gelaran pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (23/7/2020). Ratusan warga mengantri untuk mendapatkan gas elpiji tiga kilogram bersubdisi yang dijual dengan harga Rp16.000 per tabung, salah satunya untuk persiapan jelang perayaan hari raya Idul Adha. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/nz.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Informasi tentang larangan menggoyang-goyangkan tabung gas saat ini santer beredar di jejaring media sosial Facebook

Sejumlah unggahan di platform daring milik Mark Zuckerberg itu mengklaim getaran pada tabung gas kelak dapat memicu ledakan hebat.

Bahkan, disebutkan pula ledakan bisa timbul dari tabung gas kosong yang diguncang.

Unggahan tersebut turut menyematkan sebuah video berdurasi 15 detik tentang orang yang menggoyang-goyangkan tabung gas elpiji.
 
Dalam cuplikan gambar itu, tampak dua orang pria berpakaian putih sedang memperbaiki sebuah tabung gas dengan menggoyang-goyangkannya. Namun, tak lama kemudian tabung tersebut meledak. 

Namun, benarkah menggoyang-goyangkan tabung gas bisa timbulkan ledakan?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan menggoyang tabung gas bisa timbulkan ledakan (Facebook)


Penjelasan:
Dari hasil penelusuran ANTARA, informasi yang menyebutkan menggoyang-goyangkan tabung gas bisa timbulkan ledakan merupakan narasi keliru atau hoaks.
 
National Geographic Indonesia menerangkan kebakaran ataupun ledakan yang menyertakan tabung gas bisa terjadi karena adanya masalah pada komponen penyertanya, layaknya regulator ataupun selang.

Gas yang keluar dari regulator atau selang tersebut, kemudian memenuhi ruangan dan meledak ketika ada pemicunya. Misalnya, saat api kompor dihidupkan atau menyalakan api untuk rokok.

PT Pertamina turut menjelaskan bahwa tekanan di dalam tabung gas elpiji hanya sebesar delapan bar. Sementara itu, tabung baru bisa meledak pada tekanan melebihi 7.000 bar.

Penjelasan di atas sekaligus mematahkan narasi yang menyebutkan bahwa mengguncang tabung gas kosong juga akan memicu ledakan.

Sementara, Turnbackhoax.id menerangkan bahwa informasi bohong tersebut telah beredar sejak 2017.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa video yang disertakan dalam unggahan di Facebook itu merupakan hasil suntingan. 

Klaim: Goyang tabung gas bisa timbulkan ledakan
Rating: Salah/Disinformasi

Cek fakta: Lingkaran merah di tabung LPG adalah indikator ledakan?

Cek fakta: Tabung elpiji 12 kg diganti gratis BrightGas tahun ini?

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Temanggung dapat 8,1 juta tabung gas bersubsidi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar