Jakarta (ANTARA News) - Ribuan warga DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Minggu pagi memenuhi ruas jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day yang kali ini diisi dengan berbagai kegiatan.

Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang secara rutin digelar setiap Minggu terakhir tiap bulan itu terlihat sangat meriah dibanding dengan biasanya karena bertepatan dengan adanya Gebyar Hari Pendidikan Nasional yang digelar di sepanjang jalan utama tersebut.

Kegiatan lain warga Jakarta di sepanjang jalan tersebut adalah senam, futsal, musik, sepeda lambat, atraksi sepeda, sosialisasi sensus penduduk 2010, launching Twitter oleh Polda Metro Jaya, fun walk, cheerleaders, pemeriksaan kesehatan gratis, serta bazar.

Warga terlihat memadati Bundaran Hotel Indonesia yang menjadi tempat peluncuran fasilitas jejaring sosial komunitas Metro atau Twitter Metro Community (TMC) untuk pengguna jalan, yang antara lain dihadiri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono.

Ruas jalan Sudirman-Thamrin tersebut dilarang dilalui kendaraan bermotor dari pagi hingga siang hari pukul 12.00 WIB.

Berbagai atraksi kesenian nampak digelar, mulai dari ondel-ondel, tarian lenggang kangkung dan Jaipong, hingga marching band dan paduan suara yang menyanyikan lagu khas daerah Jakarta.

Selain itu, Gebyar Hardiknas yang menampilkan seni dan budaya Betawi itu juga mempertontonkan sejumlah atraksi pencak silat dan lenong rakyat. Warga juga dapat menikmati jajanan makanan khas Kota Jakarta, seperti asinan Betawi, dodol, roti buaya, tape, dan lain-lain.

Tidak hanya di Bundaran HI, warga Jakarta dan sekitarnya juga terlihat memenuhi Lapangan Monomen Nasional untuk mengikuti berbagai aktivitas.

Sebagian ruas jalan Medan Merdeka Selatan pun menjadi arena parkir kendaraan bermotor, juga bus-bus pariwisata di samping tempat parkir yang disediakan di Lapangan Monas.(A041/S004)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010