MotoGP

Fakta menarik Joan Mir, juara dunia MotoGP 2020

Fakta menarik Joan Mir, juara dunia MotoGP 2020

Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir melakukan selebrasi setelah mengunci gelar juara dunia MotoGP di Grand Prix Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu(15/11/2020). ANTARA/Reuters/Albert Gea

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 meskipun hanya finis peringkat tujuh di Grand Prix Valencia, Minggu.

Mir menjadi salah satu pebalap paling konsisten musim ini dengan tujuh kali naik podium, termasuk satu kemenangan di Grand Prix Eropa pekan lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, yang membuatnya tak tertandingi lagi dalam perebutan gelar meski masih ada satu seri tersisa di Portugal pekan depan.

Baca juga: Mir kunci gelar juara dunia MotoGP 2020 di Valencia

Berikut sejumlah fakta menarik pebalap kelahiran Palma, 1 September 1997 itu, seperti dilansir Reuters.

* Mendapat sepeda motor pertamanya, bermerk Polini, di usia enam tahun dan terinspirasi setelah melihat pamannya, Joan Perello, yang berpartisipasi di kelas 125cc.

* Tumbuh mengidolakan juara dunia kelas premier tujuh kali Valentino Rossi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp)



Karir awal

* Turun selama dua musim di Red Bull MotoGP Rookies Cup dan meraih tiga kemenangan untuk finis runner-up setelah Jorge Martin pada 2014.

* Menjalani debut Grand Prix pada tahun berikutnya di Grand Prix Australia, menggantikan Hiroko Ono yang cedera, namun gagal finis di balapan.

Moto3

* Naik kelas Moto3 bersama Leopard Racing pada 2016 dan mengklaim kemenangan pertamanya di Austria sebelum meraih titel rookie terbaik tahun itu.

* Membuat gebrakan pada 2017 dengan 10 kemenangan dari 18 balapan untuk mengunci gelar juara dunia pertamanya.

Moto2

* Naik kelas Moto2 bersama Marc VDS Racing pada 2018 untuk mengisi bangku yang ditinggalkan juara dunia Franco Morbidelli. Naik podium empat kali sebelum finis peringkat enam di kejuaraan.

MotoGP

* Mengakhiri kontraknya dengan Marc VDS secara prematur pada pertengahan 2018, Mir naik kasta ke kelas premier dengan tim Suzuki, menggantikan Andrea Iannone.

* Mengakhir debut MotoGP di peringkat ke-12 dengan beberapa kali finis peringkat 10 besar.

* Menunjukkan tanda-tanda sebagai penantang serius di kelas premier ketika menjadi runner-up di Austria tahun ini, yang diikuti lima finis podium di enam balapan berikutnya.

* Meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix Eropa di Valencia, mengalahkan rekan satu timnya, Alex Rins, untuk menjadi pebalap kesembilan yang berbeda yang mengecap kemenangan musim ini di kelas premier.

* Mengunci gelar titel berkat finis P7 di Valencia dan menjadi juara dunia dari tim Suzuki setelah Kenny Robert Jr berjaya pada 2000.

Baca juga: Mir: "Kemenangan ini datang di saat yang sempurna"
Baca juga: Joan Mir ukir sejarah buat Suzuki, dengan hattrick podium

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MotoGP Mandalika 2021, ini potensi keuntungannya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar